Tanaman Obat Paling Bermanfaat

1. Zaitun 


Zaitun (Olea europaea) yaitu pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya sanggup dimakan mentah ataupun sehabis diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang bau tanah diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang sanggup dipergunakan untuk aneka macam macam keperluan. Zaitun yaitu anggota suku Oleaceae. Selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, minyak ini juga mempunyai bermacam-macam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Khasiatnya antara lain:

Minyak ini sanggup dipakai untuk rambut. Salah satunya ialah rambut kering sebagai akhir dari polusi udara, paparan sinar matahari, terlalu banyak berada di dalam ruangan ber-AC atau bahkan terlalu sering memakai produk-produk berbahan kimia. Pemakaian perawatan rambut dan kulit kepala yang mengandung minyak zaitun diyakini sebagai solusi yang sempurna dan sehat. Pasalnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya sanggup memperbaiki kutikula rambut yang rusak sekaligus memberi kelembaban ekstra pada rambut. Sehingga rambut menjadi lebih sehat, lembut, berkilau dan tidak gampang bercabang.

Minyak zaitun yang murni (Extra Virgin Olive Oil atau Un-refined Olive Oil) juga sanggup dipakai pribadi pada kulit kepala sebelum melaksanakan perawatan creambath. Bahkan adonan minyak zaitun dengan minyak jarak, perasan lemon serta larutan air dari seduhan daun peppermint diyakini sebagai resep alami untuk mencegah ketombe dan gatal pada kulit kepala.

Khusus untuk perawatan wajah, produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya sanggup membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak gampang kering dan berkerut. Untuk wajah, minyak zaitun sanggup dicampur dengan masker atau diulaskan pribadi pada kulit wajah.
Untuk badan minyak zaitun sanggup dipakai sebagai carrier oil untuk adonan minyak esensial sebagai minyak pijat. Minyak zaitun juga sanggup dipakai sebagai adonan body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

Minyak zaitun juga mempunyai kegunaan untuk mempertahankan bentuk serta kekencangan payudara.

Sedangkan untuk tangan dan kaki, minyak zaitun sanggup juga dipakai untuk mengurangi kulit yang menebal pada telapak kaki, mempertahankan kehalusan kulit, serta menguatkan kuku.

Menjaga kesehatan pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan resiko pada penyakit jantung koroner. Yang disebabkan lantaran adanya mono unsaturated fat, terutama asam oleat. Namun ada juga penelitian yang mengatakan khasiat minyak terhadap kesehatan jantung disebabkan oleh kandungan senyawa golongan fenol, bukan asam lemak. Kandungan senyawa fenol berfungsi sebagai antioksidan, yang sanggup menjaga elastisitas dinding pembuluh darah arteri.

Sebagai laksatif ringan untuk memudahkan proses buang air besar.

2. Kurma


Kurma yaitu sejenis flora palem (palma) atau dalam bahasa latinnya lebih dikenal dengan phonex dactylifer yang berbuah dan boleh dimakan, baik dalam keadaan masak maupun masih mentah. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, kurma kaya dengan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral menyerupai zat besi, kalsium, sodium dan potasium. 

Kandungan protein didalam kurma sebesar 1.8 - 2.0 persen, serat sebanyak 2.0 - 4.0 persen dan gula sebesar 50 - 70 persen glukosa. Sebagaimana penelitian yang dilakukan Badan Kesahatan Dunia (WHO), zat gula yang ada didalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain menyerupai gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu pribadi diserap kedalam tubuh. Hal ini menciptakan gula itu harus dipecahkab terlebih dahulu oleh enzim sebelum berkembang menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian. Manfaat dan khasiat kurma yaitu:

Tamr (kurma kering)untuk menguatkan sel-sel usus dan sanggup membantu melancarkan terusan kencing lantaran mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama saat melahirkan.

Ruthab (kurma basah) mempunyai dampak mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung saat darah dipompa ke pembuluh nadi).

Potasium didalam kurma berguna untuk mengatasi problem stress, sembelit dan lemah otot. Tidak hanya itu, berkat zat besi dan kalsium yang ada pada kurma, orang bakal terhindar dari penyakit yang beresiko tinggi menyerupai penyakit jantung dan kencing manis.

Bila dimakan oleh anak-anak, maka kurma memberi khasiat untuk mencerdaskan otak mereka

3. Ginseng


Ginseng (Panax) yaitu sejenis terna yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah bagian bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis sanggup ditemukan di Vietnam, dan Indonesia. 

Ginseng sering kali dipakai dalam pengobatan tradisional. Akar tumbuhan ini sanggup memperbaiki pedoman dan meningkatkan produksi sel darah merah, penguat daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, meningkatkan pengeluaran cairan badan dan mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, mengeluarkan racun, serta membantu pemulihan dari penyakit.

4. Keji Beling


Keji kaca yaitu tumbuhan semak, tinggi 1-2 meter. Batang beruas, bula, berbulu kasar, percabangan monopodial, warna hijau. Tumbuhan ini gampang berkembang biak pada tanah subur, agak terlindung dan di tempat terbuka, 

Ketinggian tempat : 1 m - 1.000 m di atas permukaan laut 
• Curah hujan tahunan : 2.500 mm - 4.000 mm/tahun 
• Bulan berair (di atas 100 mm/bulan) : 8 bulan - 9 bulan 
• Bulan kering (di bawah 60 mm/bulan): 3 bulan - 4 bulan 
• Suhu udara : 200 C - 250 C 
• Kelembapan : sedang 
• Penyinaran : sedang. 
• Tekstur Tanah : Pasir hingga liat 
• Drainase : sedang - baik 
• Kedalaman air tanah : 25 cm dari permukaan tanah 
• Kedalaman perakaran : 5 cm dari permukaan tanah 
• Kemasaman (pH) : 5,5 - 7 • Kesuburan : sedang. 

Manfaatnya yaitu mengobati Kencing batu, Kencing kurang lancar, Batu kandung kencing, Batu kandung empedu, Batu ginjal, Kencing manis, Sembelit, Tumor, Diabetes Mellitus, Lever (sakit Kuning), Kolesterol tinggi, Maag, dan Wasir.

5. Mengkudu


Mengkudu (Jawa: pace, kemudu, kudu); cengkudu (Sunda), kodhuk (Madura), wengkudu (Bali) berasal kawasan Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tumbuhan ini yaitu Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga ), ungcoikan ( bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi),Tanaman ini tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan mempunyai totol-totol. Secara keseluruhan mengkudu merupakan buah masakan bergizi lengkap. 

Zat nutrisi yang diharapkan tubuh, menyerupai protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalm jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. 

Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh. Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu sanggup mematikan kuman penyebab infeksi, menyerupai Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti kuman itu juga sanggup mengontrol kuman pathogen (mematikan) menyerupai Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman Obat Paling Bermanfaat"

Posting Komentar