Manfaat Mengkudu

Mengkudu juga biasa disebut dengan pace atau noni. Tanaman ini sudah tergolong sebagai herbal terstandar. Herbal ini dikenal mempunyai banyak sekali manfaat, mulai dari membersihkan rambut, sebagai zat pewarna hingga mengobati banyak sekali penyakit. Sehingga masuk akal jikalau mengkudu dikatakan sebagai herbal multikhasiat. Bagian flora yang dipakai untuk herbal yakni buah, daun dan akarnya. Wajar jikalau menyebutkan manfaat mengkudu sangat besar untuk kesehatan manusia.


Secara empiris manfaat mengkudu yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh, analgesik (menghilangkan rasa sakit), menormalkan tekanan darah tinggi, mengobati kanker, tumor, diabetes, beri-beri, asma, demam, gangguan jalan masuk pernafasan, arthritis, disentri, obesitas. Mengkudu mempunyai banyak manfaat sebab memang mengkudu banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengobati majemuk penyakit.

Mengkudu

Mengkudu sanggup dikatakan sebagai antikanker. Hal ini dikarenakan buah mengkudu mempunyai acara adaptogen yakni merangsang sistem imun yang melibatkan makrofag atau limfosit. Sehigga fungsi sel yang ajaib dikembalikan menjadi normal. Senyawa antikanker yang terkandung dalam mengkudu yakni damnachantal. Selain sebagai antikanker damnachantal juga berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu manfaat mengkudu yang lain yaitu juga bersifat antiangiogenesis, yakni menghambat pembentukan pembuluh darah gres pada sel kanker.

Mengkudu juga kaya akan xeronine dan pro-xeronine. Pro-xeronine merupakan materi baku utama untuk membentuk xeronine. Xeronine inilah yang berfungsi sebagai regulator gula darah dan membantu kerja insulin. Dengan dasar inilah manfaat mengkudu bisa juga dipakai sebagai obat diabetes.

Scopoletin dalam mengkudu bermanfaat sebagai analgesik (penghilang rasa sakit), memperlebar pembuluh darah sehingga sanggup menurunkan tekanan darah tinggi, antialergi, antiradang dan antidiabetes. Inilah yang menciptakan peranan dan manfaat mengkudu begitu besar untuk kesehatan manusia.

Zat antibakteri yang dimiliki mengkudu antara lain : antrakuinon, L-asperuloside, alizarin dan acubin. Zat tersebut bisa membunuh basil penyebab nanah ibarat Staphylococcus aureus Shigella, Proteus morganii, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, Escherichia coli dan Salmonella. Manfaat mengkudu sebagai antibakteri ini sanggup dipakai untuk mengobati penyakit TB paru.

Senyawa lain dalam manfaat mengkudu yakni morindin dan morindon yang bermanfaat sebagai antibakteri dan zat pewarna, sedangkan karotin bermanfaat untuk sumber vitamin A.

Begitu banyaknya manfaat mengkudu sehingga mengkudu baik untuk dikonsumsi secara rutin, baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan. Namun sebab baunya yang menyengat, sehingga banyak orang yang tidak suka untuk mengkonsumsinya. Kini kita tak perlu khawatir, dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, sekarang banyak mengkudu yang sudah diolah dalam bentuk kapsul mengkudu atau sirup. Sehingga akan lebih gampang untuk dikonsumsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Mengkudu"

Posting Komentar