Fakta Wacana Garam Yang Patut Diketahui

Garam menjadi bab penting dalam kehidupan manusia. Karenanya ini kali kita akan melihat beberapa fakta seputar garam.


1. Sampai menjelang era 20, garam masih digunakan di Abyssinia (sekarang disebut Ethiopia) sebagai alat pembayaran atau mata uang.

2. Pada era pertengahan, garam sangat mahal harganya, sehingga disebut sebagai "emas putih". Di Jerman masih terdapat trotoar yang digunakan sebagai jalur transportasi garam antara Pantai Baltik sampai kota pedalaman di Luneberg.

Foto: Museum garam di Luneberg

3. Begitu mahalnya harga garam, di awal 1800-an harganya 4 kali lebih mahal dari daging sapi.

4. Garam ada yang berwarna hitam. Produksinya ada di India, caranya dengan mencampurkan garam dengan biji Harad. Saat adonan tersebut menguap akan meninggalkan gumpalan garam berwarna hitam.

Foto: garam hitam

5. Salar de Uyuni, Bolivia, yaitu padang garam terbesar di dunia seluas 4.000 mil persegi. Bila ada lapisan tipis air di atasnya, maka padang garam tersebut tampak ibarat cermin yang sangat besar. Padang garam ini juga memasok lithium, setengah dari kebutuhan dunia.

Foto: Salar de Uyuni, Bolivia

6. Tahukah kau bahwa garam sangat penting bagi tubuh. Jika pasokan garam dalam tubuh terlampau sedikit, sanggup mengakibatkan Hiponatremia yang fatal.

7. Namun, konsumsi terlalu banyak garam pun sanggup mematikan. Perbandingannya sebagai berikut: 1 gram garam untuk per kilogram berat badan. Contoh, kalau berat kau 70 Kg, maka memakan 70 gram garam akan membunuhmu. Anehnya, kaum aristokrat di Cina sempat memakai garam sebagai bab dari ritual bunuh diri.

8. Ada kesalahpahaman yang sangat umum perihal tentara Romawi yang digaji dengan garam. Sebenarnya mereka dibayar dengan uang normal. Gaji (salary) mengacu pada kata latin: salarium. Hasil honor inilah yang digunakan para prajurit untuk membeli garam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Wacana Garam Yang Patut Diketahui"

Posting Komentar