Siapkan Sajian Sehat Ketika Sahur Dan Buka Puasa

Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa - Tinggal dua hari lagi umat islam melakukan kewajiban berupa puasa ramadhan. Segala persiapan pun sudah dipersiapkan mulai dari persiapan mental, fisik hingga dengan persiapan sajian sehat ketika sahur dan buka puasa nanti.

Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa Siapkan Menu Sehat Saat Sahur Dan Buka PuasaBebicara soal sajian sahur dan berbuka puasa, sebagai umat islam sebaiknya tidak hanya sekedar mencari masakan yang enak saja, melainkan memperhatikan juga masakan yang sehat dan bergizi sesuai dengan apa yang sudah pernah dianjurkan oleh nabi muhammad s.a.w.
Makan sahur dan buka puasa dapat dipersiapkan mulai dari sekarang, tidak harus menunggu waktu puasa tiba. Kemudian Kapan dan dimana kita membeli masakan untuk kebutuhan sahur dan buka puasa? semua tergantung pada selera belanja masing-masing. Untuk daerah misalkan, kita dapat memanfaatkan masakan dan minuman siap saji bila daerah tinggal berada di akrab swalayan, sehari, dua atau tiga hari sebelum masuk bulan ramadhan.

Untuk yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan, biasanya memanfaatkan pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan dapur rumah tangganya selama sebulan penuh atau setiap hari sekali berbelanja untuk keperluan makan sahur dan buka puasa.

Menu Sehat ketika Sahur

Menu sahur sebaiknya dipersiapkan lebih awal daripada sajian berbuka puasa, langkah ini dimaksudkan mengantisipasi biar ketika sahur tidak merasa tergesa-gesa untuk mencari makanan. Menu Sehat ketika sahur bisa menjaga stamina badan menjadi bersemangat disaat puasa siang hari. Oleh sebab itu persiapkan masakan ketika sahur sebagai berikut: 
1. Makanan yang mengandung cukup kandungan karbohidrat
2. Makanan sahur sebaiknya yang masih baru.
3. Makanan yang tidak mengandung banyak lemak
4. Memperbanyak Minum ketikas sahur
5. Makanan sahur jangan terlalu manis
6. Siapkan susu ketika sahur
7. Perbanyak makan Buah-buahan
8. Minum nutrisi alami menyerupai madu
9. Hendaknya meng-akhirkan Makan Sahur

Menu Buka Puasa

Ada sedikit perbedaan pada sajian sahur dan buka puasa, yaitu terletak pada rasa anggun makanan, bila ketika sahur kita dianjurkan untuk makan masakan yang tidak terlalu manis, maka untuk buka puasa, sebaiknya kita mempersiapkan makan-makanan yang anggun menyerupai kurma, dan lain sebagainya.Yang demikian dimaksudkan biar energi dalam badan dapat kembali normal. Adapun sajian sehat ketika berbuka puasa kurang lebih sebagai berikut: 
1. Kurma sebagaimana sunnah nabi muhammad s.a.w.
2. Minum yang anggun alami tanpa gula menyerupai air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya. Hindari gula pasir sebab akan menjadikan loyo, dan memberi pengaruh kesehatan yang kurang baik.
3. Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus masakan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan masakan gorengan akan menciptakan ngantuk ketika tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah hingga 20%
4. konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa hingga tidur minimal masuk air 1 liter.

Selain mempersiapkan sajian sehat ketika sahur dan buka puasa, hendaknya memperhatikan juga sunnah rosululloh s.a.w yaitu dengan cara mengakhirkan sahur, dan menyegerakan berbuka puasa. Untuk itu mulai kini siapkan sajian sehat ketika sahur dan buka puasa.
Dan untuk melengkapi pengetahuan ihwal puasa ramadhan, silahkan baca juga isu Istimewa ramadhan yang sudah kami kumpulkan dalam kategori keagamaan.

Sumber: Kompas & Klik 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapkan Sajian Sehat Ketika Sahur Dan Buka Puasa"

Posting Komentar