Seputar Rapak: Pengertian Kegunaan Dan Tujuan Rapak Di Kua

Karang Taruna Bhakti Bulang - Setelah usang tidak membuatkan warta seputar keagamaan, kali ini kami mencoba membahasnya dalam kategori pernikahan (Munakahat) yang insya allah sangat bermanfaat bagi pembaca terlebih bagi calon pengantin. Pembahasan tersebut yakni  Seputar Rapak, Pengertian, Kegunaan dan Tujuan diadakan sebelum ijab kabul bersama-sama dimulai.

Pembahasan mengenai Rapak ini ditulis menurut pengalaman pribadi dari salah satu sobat karang taruna desa kami sendiri sebut saja "koko" yang mana beliau telah melaksanakan rapak di KUA setempat. Sebelumnya koko belum mengerti apa itu rapak, kegunaan serta tujuannya lantaran beliau gres pertama kali menjadi calon pengantin.

Singkat cerita, pada hari itu, jum'at (25/04/14) beliau berniat pergi ke KUA bersama calon istrinya didampingi wali dan mudin untuk menjalankan Rapak sesuai dengan aktivitas yang sudah ditentukan oleh KUA. Dari sinilah beliau mulai mendapatkan ilmu gres perihal istilah Rapak dalam sebuah pernikahan.

Adapun isi rapak menyerupai yang sudah dijelaskan oleh koko pada waktu itu, setidaknya menghasilkan beberapa kesimpulan terkait pengertian, kegunaan serta tujuan Rapak di KUA.

 Setelah usang tidak membuatkan warta seputar  Seputar Rapak: Pengertian Kegunaan dan Tujuan Rapak di KUA
Pertama yakni mengenai definisi Rapak secara singkat. Rapak berasal dari bahasa arab ra-fa-'a yang berarti mengangkat. Pemahaman sederhananya yaitu mengangkat atau membimbing atau membina calon pengantin sebelum melaksanakan ijab kabul biar mengerti dan sanggup berjalan lancar dan memenuhi syarat dan rukun pernikahan.

Kedua, si koko mendapatkan nasihat dari kepala KUA selaku orang yang memberi pengarahan pada waktu itu. Setidaknya ada tiga nasihat yang disampaikan dalam rapak, diantaranya harus rajin atau meningkatkan ibadah sholat, memberi saran biar si calon suami istri (pasutri) biar sanggup saling mendapatkan kekurangan serta  saling menghargai dan memaafkan apabila berbuat kesalahan.

Ketiga, dalam rapak yang dilakukan di KUA, koko diajari cara mengucapkan kalimat Qobul dalam bahasa indonesia, arab, dan juga bahasa jawa.

Selain dari ketiga isi rapak diatas, Kepala KUA juga menjelaskan secara singkat perihal definisi, syarat syah, rukun nikah serta mahar yang akan diberikan sewaktu Akad dilaksanakan. Setelah semua proses Rapak selesai, koko dan calon istri serta wali diminta untuk menandatangani kelengkapan surat yang akan didaftarkan di tubuh pencatatan nikah.

Pengertian Kegunaan dan Tujuan Rapak di KUA

Jika kita menela'ah lebih spesifik lagi perihal pengertian, kegunaan, dan tujuan rapak maka sanggup disimpulkan sebagai berikut:

Pengertian Rapak
Ialah suatu upaya proses pembelajaran, pelatihan kepada calon Pasutri sebelum melaksanakan ijab kabul yang sesungguhnya.

Kegunaan Rapak
Rapak sangat berkhasiat bagi pasutri yang gres pertama kali akan melangsungkan pernikahan untuk lebih memahami lagi bagaimana mengarungi perahu rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah.

Tujuan Rapak
Tidak lain yaitu untuk lebih memantapkan niat bagi kedua mempelai terutama bagi pria dikala mengucapkan kalimat Qobul agar proses kesepakatan sanggup berjalan sesuai syari'at islam.

Pengertian rapak, kegunaan dan tujuannya selebihnya silahkan baca pada tautan berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Rapak: Pengertian Kegunaan Dan Tujuan Rapak Di Kua"

Posting Komentar