Pengertian Organisasi Secara Umum

Pengertian Organisasi Secara Umum

Bulang, 24 April 2013. Organisai sering terdengar oleh pendengaran kita, lantaran ketika kita berada dalam satu kelompok masyarakat yang tentunya memiliki keterkaitan antara satu sama lainnya, maka dalam masyarakat tersebut tidak menutup kemungkinan dibentuklah satu organisai masyarakat demi mencapai tujuan bersama yakni mensejahterakan dan juga menjaga kerukunan antar warga sehingga tidak dikhawatirkan timbul kesenjangan sosial. Organisi yang dimaksud yaitu organisasi pemerintahan dalam hal ini yaitu Pemerintahan Desa (Kelurahan)

Itu sekilas citra bagaimana suatu organisai ada dalam masyarakat. Tapi dengan adanya organisi itu kadang kita sering salah bahkan tidak tahu apa Pengetian Organisasi Secara Umum Itu?. Kadang kita mengartikan Organisasi yaitu sebuah kelompok atau perkumpulan. Sepintas pernyataan tersebut memang benar. 

Jika kita memahami sebatas arti di atas, maka perlu kiranya kita memahami lebih jauh lagi Apa Pengertian Organisi Secara Umum. 

Pengertian Organisasi Secara Umum

Dalam kamus besar bahasa indonesia Organisasi adalah :
(1) kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; (2) kelompok kolaborasi antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama

Organisasi intinya dipakai sebagai kawasan atau wadah dimana orang-orang berkumpul, berafiliasi secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang dipakai secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

  1. Stoner menyampaikan bahwa organisasi yaitu suatu tumpuan hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi yaitu bentuk setiap perserikatan insan untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard beropini bahwa organisasi yaitu merupakan suatu sistem acara kolaborasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi yaitu kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif sanggup diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi sanggup terbentuk lantaran dipengaruhi oleh beberapa aspek menyerupai penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik yaitu organisasi yang sanggup diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, lantaran memperlihatkan bantuan seperti; pengambilan sumber daya insan dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi memiliki suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada dikala mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Dalam berorganisasi setiap individu sanggup berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara eksklusif maupun secara tidak eksklusif kepada organisasi yang mereka pilih. Agar sanggup berinteraksi secara efektif setiap individu sanggup berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu sanggup lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Naah sekian sedikit info ihwal  

Pengertian Organisasi Secara Umum,

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/organisasi/mirip#ixzz2RJDBRW47
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi#Definisi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Organisasi Secara Umum"

Posting Komentar