Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri



Bulang, 5 Mei 2013. Tiada ilahi yang patut disembah kecuali Alloh s.w.t. Hanya kepadaNya lah kita sebagai hamba meminta di kala susah maupun senang, sakit maupun sehat, kaya mapun miskin, lantaran hanya kepadaNya lah kita akan kembali. Segala urusan niscaya ada jalan keluarnya bila kita senantiasa mendekatkan diri kepada Alloh sang maha pencipta alam dan segala isinya.

Alloh sang maha penguasa langit dan bumi, membolak - balikkan hati, mengetahui segala urusan hambanya, Tiada ilahi selain Alloh, Maha besar Alloh dengan segala firmanNya.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

 Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri
Sedikit dongeng berawal dari pengalaman seorang (santri) yang sempat curhat kepada Seorang Kyai. sebagaimana kalimat yang telah tertulis di atas, bahwa : "memang segala urusan itu tiadalah gampang untuk diselesaikan bila tidak ada pendekatan diri (tawadlu') kepada Alloh s.w.t." Demikianlah inti kalimat yang terucap dikala Sorang Kyai mengatakan sedikit pencerahan atau isyarat kepada salah seorang santri mengalami kebingungan dikarenakan problem langsung dan keluarganya. 

Muhasabah binnafsi (koreksi diri) sangat diharapkan mengingat kita dilahirkan hanya untuk menyembah kepada Alloh s.w.t. dikala seorang hamba menerima kesusahan (ujian / cobaan) tidak ada satu hamba lainnya yang bisa mengubah nasib itu kecuali atas kehendak atau takdir Alloh s.w.t. insan dalam hal ini entah itu Kyai ataupun orang awam hanya sebagai mediator untuk kemudian menjadi motivator demi menuju perubahan dengan cara mendekatkan diri kepada Alloh s.w.t.

Bukti konkret ibarat apa yang disampaikan Seorang Kyai Kepada Seorang santri bahwa suatu hari ada seorang PNS (Pegawai negri Sipil) tiba pada Kyai tersebut dan menceritakan problem rumah tangganya.PNS itu benar - benar sangat kacau dan hampir putus asa. Waktu itu PNS tersebut sempat memperlihatkan dan menjual harta yang dimilikinya mulai dari sepeda motor hingga dengan rumahnya. Kyai itupun membeli sepeda motornya akan tetapi melalui tangan Santrinya yang mengikuti Istighotsah yang diadakan oleh Kyai tersebut setiap Senin malam selasa.

Sebelumnya, PNS tersebut direkomendasikan oleh santri yang disuruh membeli sepeda motornya oleh Kyai biar diajak mengikuti istighotsah, dan balasannya PNS tersebut diajak dan besedia mengikuti istighotsah bersama - sama Kyai sebagai bentuk jalan keluar permasalahannya dengan cara mendekatkan diri kepada Alloh s.w.t. Singkat dongeng apa yang terjadi, PNS tersebut benar-benar bisa bangun dan bisa kembali jaya ibarat dulu kala. Subhanalloh.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

Sedikit dongeng di atas menjadi salah satu bentuk motivasi bagi santri yang sempat dongeng dan mengalami hal hampir serupa dengan PNS tersbut. Intinya hanya mendekatkan diri kepada Alloh lah segala urusan akan bisa terselesaikan. Atas ijin Alloh lah semua urusan akan menjadi mudah, lantaran alloh tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuannya.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri selanjutnya yaitu dengan cara menawari sekaligus mengatakan solusi untuk berkenan menyempatkan waktu mengaji pada hari Sabtu pagi pukul 05:00 WIB yang bertempat di masjid tanggulangin. 

Sekiranya itu yang bisa kami bagi kepada para perjaka dan diharapkan bisa menjadi motivasi dikala mendapati problem yang sama. semoga bermanfaat artikel Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri ini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri"

Posting Komentar