Apa Saja Larangan Selama Berpuasa

Apa Saja Larangan Selama Berpuasa. Pertanyaan yang harus diketahui sekaligus ketentuan yang harus dijauhi bagi siapa saja yang melaksanakan Puasa Ramadhan. Pada edisi ramadhan kali ini kami mencoba untuk menyebarkan info kepada siapa saja dengan tujuan supaya selama menjalankan puasa ramadhan dapat lebih mantap lagi.

Jika kita mendengar kata larangan sudah pasti itu merupakan sesuatu yang harus kita tinggalkan, apalagi larangan itu dengan terang telah disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an ataupun Hadits. Oleh lantaran itu kami akan mencoba menjelaskan sedikit wacana Apa Saja Larangan Selama Berpuasa yang dimaksud.
 Pertanyaan yang harus diketahui sekaligus ketentuan yang harus dijauhi bagi siapa saja ya Apa Saja Larangan Selama Berpuasa

Larangan Selama Berpuasa

Larangan yang dimaksud dalam goresan pena ini yaitu mengenai hal - hal yang membatalkan puasa itu sendiri. Berikut akan dijelaskan sedikit larang larangan yang dimaksud.

Larangan yang dapat membatalkan puasa diantaranya yaitu :
  1. Makan dan minum dengan sengaja. Jika dilakukan lantaran lupa maka tidak batal puasanya. 
  2. Zina (bersenggama) Di siang hari.
  3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini yaitu suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa. 
  4. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga lantaran onani, bersentuhan, ciuman atau alasannya yaitu lainnya dengan sengaja. Adapun keluar mani lantaran mimpi tidak membatalkan puasa lantaran keluarnya tanpa sengaja. 
  5. Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi). Dalam lafazh lain disebutkan : “Barangsiapa muntah tanpa disengaja, maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya).” DiriwayatRan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu’ dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits Ash-Shahihah No. 923. 
  6. Murtad dari Islam (semoga Allah melindungi kita darinya). Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. Firman Allah Ta’ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. “(Al-An’aam:88). 
Semoga artikel wacana Larangan yang dapat membatalkan puasa bermanfaat bagi pembaca dan dibutuhkan dalam menjalankan ibadah puasa lebih khusu' lagi. Jika dirasa klarifikasi diatas kurang lengkap silahkan baca perkara yang dapat membatalkan puasanya seseorang

Apa Saja Larangan Selama Berpuasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Larangan Selama Berpuasa"

Posting Komentar