Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?


Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?. Banyak diantaranya bahwa bulan rajab merupakan  bulan haram (suci), bulan yang baik untuk berpuasa dan memperbanyak amal sholih lainnya. Dikatakan bulan haram (suci) sebagaimana telah diterangkan dalam hadits shohih yang berbunyi :

 Banyak diantaranya bahwa bulan rajab merupakan Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?


الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ
”Setahun berputar sebagaimana keadaannya semenjak Allah membuat langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), 3 bulannya berurutan yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (ada 1 bulan lagi yaitu) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Jika kita memahami dari hadits di atas dapat dijelaskan setidaknya menyerupai berikut :
Bulan haram (suci) maksudnya ialah bulan dimana pada bulan itu diharamkan aneka macam jenis pembunuhan, yang demikian ini diyakini oleh orang jahiliyah pada masa itu. Pada bulan haram ini juga lebih ditekankan melaksanakan segala bentuk amal sholih dari pada bulan lainnya. Amalan yang disukai dan sering dilakukan oleh para ulama' salaf ialah berpuasa.

Beberapa Keutamaan Pada Bulan Rajab

Puasa Pada Bulan Rajab
Jika hadits di atas lebih menjelaskan wacana keharaman melaksanakan segala jenis pembunuhan yang mana orang jahiliyah meyakini ketentuan itu, ada juga beberapa keutamaan pada bulan rajab yang sering dilakukan oleh ulama' salaf yaitu berpuasa menyerupai Sufyan Ats Tsauri. Beliau mengatakan, ”Pada bulan-bulan haram, saya sangat bahagia berpuasa di dalamnya".  Hal yang sama juga dilakukan oleh Sayyidina Ibnu ’Umar RA, Imam Hasan Al Bashri RA dan Abu Ishaq As Sa’ibi RA melaksanakan puasa pada seluruh bulan haram, bukan hanya bulan Rajab atau salah satu dari bulan haram lainnya. (Latho-if Al Ma’arif, 214) 

Meski tidak ada dalil-dalil yang besar lengan berkuasa mengkhususkan melaksanakan puasa di bulan rajab, tidak ada larangan yang mutlak juga untuk menunaikannya, alasannya ialah tidak ada satu hadits pun yang melarang berpuasa dibulan itu. Untuk puasa di bulan rajab ini ialah sebuah kesunnahan melaksanakan amal sholih terlebih di bulan bulan haram termasuk bulan rajab in sebagaimana yang terkandung dalam hadits di atas. Makara tidak ada salahnya kita melaksanakan puasa dengan catatan dihentikan mengkhususkan bulan rajab untuk selalu berpuasa.

Demikian sedikit informasi mengenai Beberapa Keutamaan Bulan Rajab diantara melaksanakan puasa dan memperbanyak amal sholih lainnya menyerupai memperbanyak dzikir, beristighfar dan sholat sunnah. Semoga kita dapat beristiqomah melaksanakan amal sholih di bulan rajab, sya'ban hingga datangnya bulan ramadhan. amiiin. agar bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?"

Posting Komentar