Apa Saja Kasus Yang Membatalkan Puasanya Seseorang

Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang - Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, segala persiapan untuk memulai acara berpuasa juga sudah banyak dilakukan oleh dominan orang islam. Meski demikian sebelum melaksanakan kewajiban sebagai umat islam tersebut, ada baiknya mengetahui apa saja masalah yang membatalkan puasanya seseorang selain mempersiapkan bekal berbuka atau sahur.

Perkara yang membatalkan puasa mencakup apa saja larangan selama berpuasa yang harus dijauhi, alasannya yaitu kalau tidak ditinggalkan dapat membatalkan syarat dan rukun puasa ataupun membatalkan pahala dari puasa itu sendiri.
Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang
Ilustrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa puasa memiliki definisi menahan diri dari sesuatu baik dari masakan atau berbicara. Menurut bahasa arab orang menahan diri untuk tidak berbicara juga disebut berpuasa.

Adapun puasa berdasarkan agama yaitu : menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya mulai dari terbitnya fajar sodiq (masuknya waktu subuh) hingga terbenamnya matahari (masuknya waktu maghrib)

Untuk melengkapi isu pengetahuan kita dalam bidang keagamaan di bulan ramadhan, berikut akan kita bagikan terkait apa saja masalah yang membatalkan puasanya seseorang?

Perkara Yang Bisa Menyebabkan Batalnya Puasa

Secara garis besar ada beberapa masalah yang dapat membatalkan rukun ataupun pahala dari puasa diantaranya yakni sebagai berikut:

#Memasukan sesuatu kedalam lima lubang
Adapun klarifikasi singkat mengenai memasukkan sesuatu ke lima lubang yakni sebagai berikut:
1. Mulut
Puasa akan batal kalau seseorang memang dengan sengaja memasukkan benda kedalam mulutnya yang dapat berakibat masukknya sesuatu itu ke dalam tenggorakan hingga perut misalkan jari, minuman, makanan, rokok dan lain sebagainya.

2. Hidung
yang dimaksudkan disini yakni memasukkan sesuatu melalui hidung. Adapun batasan hidung yaitu disaat kita memasukkan air ataupun lainnya akan terasa panas (tersenggrok), maka yang demikian dapat membatalkan puasa.

3. Telinga
Yakni memasukkan sesuatu kedalam telingga. Adapun untuk batasan indera pendengaran yaitu pecahan indera pendengaran yang tidak dapat dijangkau oleh jari kelingking.

4. Jalan Depan
Sudah barang tentu kita mengerti apa yang dimaksud dengan jalan depan pada anggota badan kita, yakni lubang kemaluan. Yang mengakibatkan puasa itu batak yaitu memasukkan sesuatu meski itu yaitu dalam keadaan darurat menyerupai memasukkan obat melalui lubang kemaluan atau pipa untuk mengeluarkan cairan dari dalam bagi orang yang sakit.

5. Jalan Belakang
Memasukkan sesuatu ke lubang belakang sama hukumnya menyerupai memasukkan sesuatu ke jalan depan. Artinya kalau ada orang memasukkan sesuatu melalui lubang belakang (dubur) biarpun dalam keadaan darurat dalam pengobatan yaitu membatalkan puasa termasuk memasukkan jemari ketika istinja (Cebok). Maka cara yang benar dalam istinja yaitu cukup dengan membersihkan pecahan alat buang air besar dengan perut jemari tanpa harus memasukkan jemari ke pecahan dalam.

# Muntah dengan sengaja
Yang dimaksudkan muntah dengan cara disengaja yakni banyak cara, misalkan sesorang yang sedang berpuasa memasukkan jarinya hingga tenggorokan dan kemudian beliau memuntahkan sesuatu dari dalam perutnya. Atau cara lain menyerupai sengaja mencium bau-bauan tidak sedap dan banyak lagi.

Dan bagaimana kalau muntah tidak disengaja? Maka cara penyelesaiannya biar puasa kita tetap tidak batal yakni dengan berkumur hingga bersih.

# Bersenggama
Kegiatan satu ini sudah barang tentu akan membatalkan puasa kalau dilakukan orang yang berpuasa dalam keadaan sebagai berikut:
  • Dilakukan oleh orang yang wajib baginya berpuasa
  • Dilakukan di siang bulan puasa
  • Dia ingat kalau beliau sedang puasa
  • Tidak lantaran paksaan
  • Mengetahui keharomannya atau beliau yaitu bukan orang yang bodoh
  • Berbuka lantaran bersenggama

# Keluar mani dengan sengaja
Keluarnya mani tidak hanya dengan cara bersenggama dengan istri, dapat juga dilakukan dengan atau lantaran keadaan tertentu. Namun untuk persoalan masalah yang membatalkan puaa ini, keluarnya mani dapat dikarenakan Onani sendiri atau lewat tangan istri, Menyentuh istri hingga mengeluarkan mani meskipun tidak meamsukkan alat kelamin.

Jika keluar mani dikarenakan mimpi basah, maka untuk masalah ini bukan termasuk masalah yang membatalkan puasa.

# Hilang akal
Hilangnya nalar disini ada bebera penyebab, diantaranya Gila, Mabuk, Pingsan atau Tidur. Dari setiap penyebab tersebut, ada klarifikasi masing-masing sebagai berikut:
Gila, Sudah niscaya membatalkan puasa alasannya yaitu orang gila tidak dalam keadaan sadar, tidak paham akan syarat rukun puasa.
Mabuk atau pingsan ini dapat menjadi satu keadaan yang dapat menciptakan puasanya seseorang batal, misalkan saja mencium bebauan yang kemudian menciptakan pusing dan jadinya mabuk, maka ini dapat membatalkan puasa.

# Haid
Membatalkan puasa walaupun hanya sebentar sebelum waktu berbuka. Misal haid tiba 2 menit sebelum masuk waktu maghrib maka puasanya menjadi batal.

# Melahirkan
Misal seorang ibu hamil sedang berpuasa tiba-tiba melahirkan di siang hari ketika berpuasa, maka puasanya menjadi batal.

# Nifas
Misalnya ada orang melahirkan ternyata sesudah melahirkan tidak pribadi keluar darah nifas. Karena ia mengira tidak ada nifas jadinya ia berpuasa dan ternyata di ketika ia lagi puasa darah nifasnya tiba maka ketika itu puasanya batal.
 

# Murtad.
Ada banyak tindakan yang menciptakan orang islam menjadi murtad, misalkan  ada orang lagi berpuasa tiba-tiba ia berkata bahwa ia tidak percaya kalau Nabi Muhammad yaitu Nabi atau adaorang lagi berpuasa tiba-tiba menyembah berhala maka puasanya menjadi batal.

Penjelasan mengenai Perkara diatas sengaja kami informasikan dengan tujuan supaya dapat memperbanyak hasanah ilmu agama terlebih mengenai Puasa. Diantara beberapa masalah di atas bekerjsama ada konsekuensi untuk meng-qodlo' puasa dan jawaban yang harus diselesaikan kalau benar-benar melaksanakan Perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa.

Untuk konsekuensi atau cara penyelesaian batalnya puasa seseorang disebebakan masalah diatas, lain waktu akan kami tulis dengan judul Tata Cara Mengganti atau Meng-qodlo' Puasa Yang Batal.

Apa Saja Perkara Yang Membatalkan Puasanya Seseorang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Kasus Yang Membatalkan Puasanya Seseorang"

Posting Komentar