6 Fakta Menarik Pada Hari Raya Idul Fitri

 Sudah satu bulan umat islam menjalankan kewajiban  6 Fakta Menarik Pada Hari Raya Idul Fitri
Sudah satu bulan umat islam menjalankan kewajiban puasa ramadhan ialah menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar shodiq hingga terbenamnya matahari. Segala aktifitas lain terkait puasa juga sudah dilaksanakan menyerupai tarawih, tadarus alqur'an, sholat malam ataupun zakat. Setelah itu tibalah moment terindah untuk merayakan kemenangan di hari penuh rahmat, barakah, dan hidayah alloh s.w.t ialah hari raya idul fitri.

Ragam acara pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan menyambut datangnya hari kemenangan. Jika kita sering melihat dan mendengar tayangan di media televisi yang identik dengan gosip persiapan menyambut lebaran menyerupai iklan masakan lebaran, program religi, hingga gosip seputar arus mudik, maka disini ada informasi terkait fakta menarik pada hari raya idul fitri.

Fakta dimana akan sering, bahkan selalu kita jumpai selama hari raya idul fitri menyerupai pakaian, makanan, minuman, suasana atau kebiasaan yang dilakukan umat islam untuk merayakannya. Apa saja fakta menarik tersebut, berikut sedikit informasi yang dapat kami bagikan:

1. Pakaian Baru
Sudah tidak abnormal lagi bagi kita yang sering melihat tampilan baju baru, celana baru, peci baru, sandal baru, mukenah baru, sarung gres ketika sholat idul fitri atau pada ketika berkunjung silaturrahim ke sanak famili.

2. Hidangan Aneka Kue
Ketika berkunjung ke tetangga, atau saudara, niscaya kita akan melihat begitu banyak aneka jajanan di meja ruang tamu yang disuguhkan. Terkadang masakan ringan anggun yang terlihat begitu enak tidak semua dapat terpengaruhi habis oleh tamu yang datang, malah habis oleh tuan rumah sendiri. Meskipun begitu Hidangan pada hari lebaran dapat dibilang "Wajib" ada.

3. Bersalam - salaman
Dengan baju gres banyak terlihat suasana ceria dan ramai di kampung halaman oleh tetangga atau keluarga untuk saling memaafkan di hari lebaran.

4. Volume Kendaraan Naik
Jalan raya akan tampak dipadati oleh pemudik atau pengendara lain menuju keluarga, guru, atau teman yang berada jauh dari daerah tinggalnya,

5. Ketupat Lontong
Biasanya akan kita jumpai 5 hari sesudah lebaran berlalu. Ketupat lontong lebih terasa nikmat jikalau dihidangkan bersama kuah lodeh, kare atau soto.

6. Takbiran
Meskipun kebijakan pemerintah baru-baru ini melarang adanya acara takbir keliling memakai kendaran, masih banyak kreatifitas yang dilakukan umat islam utnuk meramaikan datangnya  hari raya idul fitri. Salah satu bentuk takbiran dapat dengan cara takbir keliling berhadiah, ialah dengan cara memutari kampung halaman sambil membawa obor dan melantunkan lafadz takbir dari satu daerah ke daerah yang sudah ditentukan panitia. Biasanya acara kasatmata ini diadakan oleh sampaumur masjid dibantu cowok karang taruna dan LSM yang ada di masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Menarik Pada Hari Raya Idul Fitri"

Posting Komentar