Pengertian Kemerdekaan Secara Umum

 Sangat penting untuk di pahami secara seksama oleh masing  Pengertian Kemerdekaan Secara Umum
Pengertian Kemerdekaan Secara Umum Sangat penting untuk di pahami secara seksama oleh masing - masing langsung dan juga oleh semua rakyat indonesia pada umumnya. Sebab sudah lebih dari separuh era rakyat indonesia mencicipi masa kejayaan sehabis beratus tahun di jajah.

Meskipun begitu, masih banyak dari kita orang indonesia kurang sanggup memahami apa arti dari kemerdekaan itu sendiri. Hal itu dibuktikan dengan adanya perilaku atau prilaku generasi bangsa ketika ini cenderung merusak moral bangsa indonesia secara utuh.

Terbukti dari banyaknya kasus menyerupai pembunuhan, korupsi, tindak asusila yang mana kesemuanya itu merupakan faktor dimana secara langsung atau umum mencerminkan kalau bangsa ini belum merdeka. Kenapa begitu? apakah dengan hal tersebut bangsa ini sanggup dikatakan masih dijajah? kemudian yang dinamakan merdeka itu yang bagaimana?

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk mengutarakan beberapa pendapat mengenai pengertian kemerdekaan secara umum yang mana akan ada komparasi definisi perihal kata merdeka itu sendiri.

Pengertian Merdeka Menurut Bahasa Indonesia

Merdeka berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu bebas, bangun sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan, Merdeka sanggup diartikan tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. Sedangkan Kemerdekaan yaitu keadaan (hal) bangun sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, atau sanggup diartikan kebebasan.

Pengertian Merdeka Menurut Bahasa Arab atau Para Ulama'

Secara ringkas, ada 4 arti dasar merdeka berdasarkan bahasa arab yakni Itqun minannar, khurriyah, fakku roqobah, dan istiqlal. Dari ke empat kata tersebut mempunyai pengertian sebagai berikut:
  • Itqun Minannar: Pembebasan dari api neraka. Sebagaimana sabda nabi muhammad s.a.w dalam konteks puasa ramadhan yang berbunyi : … awaluhu rahmah, wausatuhu maghfiroh, wa akhiruhu itqun minannar. (di awal puasa ramadhan itu merupakan rahmat, pertengahannya merupakan ampunan, dan diakhir merupakan pembebasan dari siksa api neraka. 
  •  Khurriyah ( Fatahriru roqobah ) : Merdeka. Makna “merdeka” di sini yaitu : asyrofuhum, yuqolu huwa hurriyatu min qoumih. Artinya, dikatakan merdeka di sini ini bila seseorang itu menjadi mulya. Pengertiannya, tidak ada kelas di dalam kehiupan manusia; tidak ada kasta, tidak ada “nomor satu”, tidak “nomor dua”, tidak ada ningrat, tidak ada suku yang merasa unggul dipihak lain.  
  • Fakku roqobah: melepaskan atau memerdekan budak dari tuannya. Dalam alqur'an surat al-balad 12-13 disebutkan: “Wamaa adroka mal ‘aqobah, fakku roqobah”. 
  • Istiqlal: Diambil dari bahasa sehari-hari. Pengertiannya adalah, تفرد به ولم يشرك فيه (taffarroda bihi walam yusyrik fiih) Artinya: Mandiri. Tidak mau dicampur tangani oleh siapapun. Maksudnya, sebuah bangsa yang “merdeka” (istiqlal) berarti tidak sanggup dicampurtangani negara lain. Negara merdeka berarti negara itu mandiri, memanage diri sendiri.
Dari keempat kata diatas Jika disimpulkan mempunyai arti yang sama yakni merdeka, bebas atau lepas dari siksaan, bebas dari tanggungan perbudaan dan juga bebas bangun sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.

Kesimpulan
Jika semua pengertian tadi dikomparasikan untuk di simpulkan menjadi satu pengertian kemerdekaan, maka berdasarkan ekonomis penulis, merdeka tidak hanya bebas dari pihak lain dalam hal ini penjajah, atau sanggup bangun sendiri, berdikari dan juga sanggup memilih pilihan sendiri.

Merdeka sanggup juga diartikan terbebas dari kekangan hawa nafsu yang selalu mengekang diri kita untuk selalu memenuhi keinginan, hasrat duniawi saja. Satu pola orang boleh saja mempunyai harta berlimpah akan tetapi dalam hatinya terdapat rasa kekurangan atas apa yang dimilikinya, selalu mengeluh, tidak peduli terhadap sesama, jarang mengeluarkan sedikit hartanya untuk memenuhi tuntutan agama dan lain sebagainya. Orang menyerupai ini termasuk dalam kategori orang yang belum merdeka.

Kemerdekaan akan sanggup dirasakan oleh rakyat indonesia bila saja para pejabat tidak memakan harta yang bukan menjadi haknya, begitu juga dengan warganya supaya sadar akan tindakan yang bernilai negatif menyerupai mencuri, mabuk - mabukan, nyabu, asusila, pembunuhan dan lain sebagainya sanggup merugikan dirinya sendiri yang berakibat terkena tuntutan, tidak sanggup bebas, ataupun lepas dari jeratan aturan dunia dan akhirat.

Semoga dengan memahami sedikit klarifikasi perihal pengertian kemerdekaan secara umum di atas, menawarkan rangsangan kepada kita biar selalu berbuat faktual untuk mendapat predikat sebagai insan yang MERDEKA baik di dunia maupun akhirat.

Baca juga warta terkait kemerdekaan republik indonesia yang terangkum pada artikel Peringatan HUT Republik Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kemerdekaan Secara Umum"

Posting Komentar