Istana Karenanya Angkat Bicara Misteri Pulpen Jokowi. Tidak Disangka,Ternyata Ini Fungsinya



Kepala Staf Presiden Moeldoko menyatakan pulpen yang dipegang Joko Widodo (Jokowi) dikala debat Pilpres 2019 berfungsi sebagai alat pengalih perhatian semoga capres 01 itu tidak melaksanakan gestur atau gerakan yang tidak perlu.

Sebagaimana cnnindonesia.com melaporkan, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf itu menyampaikan bahwa pihaknya yang menyarankan Jokowi membawa pulpen dikala debat putaran kedua melawan Prabowo Subianto.

Pulpen yang digenggam Jokowi dikala debat itu dipersoalkan oleh sejumlah kalangan alasannya yaitu dianggap sebagai alat bantu utk mengendalikan earpiece yang terpasang di telinga.

"Kenapa dia membawa pulpen. Kami-kami yang menyarankan. Bapak (Jokowi) jikalau tidak ada yang dipegang, itu (melakukan gerakan) macam-macam, begini lah (garuk tangan). Sehingga begitu kami kasih pulpen ini, mengurangi pegang yang lain lain," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (19/2) dikutip cnnindonesia.com

Moeldoko menyatakan pihaknya menyarankan Jokowi membawa pulpen tersebut sebelum debat utk mengurangi gerakan yang tidak perlu. Menurutnya, Jokowi sempat bertanya apakah dirinya perlu membawa kertas.

Namun, kata Moeldoko, rencana Jokowi utk membawa kertas itu dihentikan oleh tim alasannya yaitu khawatir mantan gubernur DKI Jakarta itu dituding membawa sontekan dikala debat.

"Eh bawa pulpen dibilang yang lain lagi. Berarti kecerdasan (pihak yang menciptakan tudingan tersebut) lagi, kurang," ujarnya.

Nah, sudah terang kan klarifikasi dari pihak Istana. Semoga tidak ada lagi yang berburuk sangka mempersoalkan pulpen Jokowi. Berpolitik boleh lah, namun jangan menghalalkan segala cara termasuk memframing gosip dan fitnah yang tidak terang kebenarannya.

Sebagaimana diketahui , kubu BPN mempersoalkan pulpen Jokowi dan menuduhnya sebagai alat bantu komunikasi (earpiece) dari Tim TKN ke Jokowi. Bahkan foto-foto framing seolah Jokowi sedang memakai alat itu sudah tersebar luas di jagat medsos.

BPN menuduh Jokowi tidak fair dalam debat Pilpres kedua, Minggu malam lalu. Selain itu kubu Jokowi juga mempersoalkan pertanyaan Jokowi terkait 340 ribu ha lawan yang dikuasai Prabowo di Aceh dan Kalimantan. Padahal semua itu fakta dan menciptakan banyak orang terkejut tidak menduganya. Karna selama ini Prabowo gencar mengecam adanya jutaan lahan yang dikuasai oleh beberapa gelintir orang saja tetapi ternyata Ia yaitu salah satu dari mereka itu.

BACA SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istana Karenanya Angkat Bicara Misteri Pulpen Jokowi. Tidak Disangka,Ternyata Ini Fungsinya"

Posting Komentar