Cek Fakta: Joko Widodo Dan Istri Sembunyikan Uang Di Luar Negeri, Benarkah?


Mendekati detik-detik Pilpres 2019, jagat media umum terus diramaikan aneka macam unggahan terkait calon presiden. Berbagai macam unggahan berseliweran, prestasi, kritikan sampai keburukan tiap capres ramai jadi topipembicaraan para netizen di media sosial.

Salah satu unggahan yang sempat viral di media umum ialah sebuah video yang diunggah di sebuah halaman Facebook berjulukan Joko For Laugh. Dalam unggahan Video itu diberi narasi:

"Jokowi Sembunyikan Uang Di Luar Negeri...?"

"Faizal Assegaf: Kami mempunyai bukti 32 rekening milik Presiden Joko Widodo dan Istrinya di 20 bank luar negeri,"

Hingga Rabu (20/2/2019) siang pukul 13.25 WIB, unggahan video itu sudah menuai 5.000 lebih komentar, dan 20.934 kali dibagikan.

Dalam video itu ditampilkan Ketua Progres 98, Faizal Assegaf yang menyebutkan ada 32 rekening milik capres Joko Widodo dan istrinya, Iriana Joko Widodo, di beberapa bank di luar negeri yang bernilai sampai 8 juta dolar AS.

Pihaknya kemudian mempertanyakan Jokowi yang tidak melaporkan puluhan rekening di luar negerinya itu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun menyimpulkan adanya kecurangan dan ketidaknetralan KPU dalam masalah ini.

"Jadi jikalau kasus-kasus ini sama sekali tidak ditanggapi khususnya oleh KPK dan KPU, berdasarkan kami, ada upaya utk melanggengkan atau menghalalkan praktik demokrasi bacin utk melahirkan calon presiden boneka melalui kekuatan-kekuatan intervensi," ujar Faizal dalam video tersebut.

Ternyata, video serupa juga pernah diunggah di beberapa akun Facebook sampai menjadi viral. Namun belakangan, akun tersebut sudah tidak ada atau dihapus. Salah satu yang mengunggah video yang sama itu ialah akun Rara Putri Edelweis pada 13 September 2018.

Fakta Sesungguhnya:

Dari penelusuran Suara.com, video viral tersebut ternyata merupakan insiden usang dan menjadi informasi hangat pada pertengahan 2014 lalu. Atau menjelang pilpres yang diikuti oleh Jokowi dan pasangannya Jusuf Kalla ketika itu.

Progres 98 ketika itu menemukan dugaan adanya manipulasi laporan kekayaan Joko Widodo. Mereka menuding Jokowi tidak transparan ketika memberikan laporan kekayaannya ke KPU dan KPK. Temuannya yaitu 32 rekening atas nama Joko Widodo dan Iriana senilai 8 juta dolar AS yang terdaftar di beberapa bank di luar negeri menyerupai di Hong Kong, Filipina, Singapura, dan lainnya. Lengkapnya dapat dicek di sini.

Tudingan soal Jokowi mempunyai rekening di bank luar negeri juga sudah ditelusuri dan diklarifikasi oleh KPK pada 2014 kemudian oleh Wakil Ketua KPK ketika itu Adnan Pandu Praja. Berita lengkapnya dapat dicek di sini.

Kesimpulan:

Terjadi penggunaan informasi yang sesat dalam unggahan video yang viral tersebut. Diduga sengaja dibingkai utk menjadi sebuah informasi negatif dgn mengembangkan pelintiran yang sudah beberapa kali disebarkan sebelumnya.

BACA SUMBER

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cek Fakta: Joko Widodo Dan Istri Sembunyikan Uang Di Luar Negeri, Benarkah?"

Posting Komentar