Cara Memasuki Rumah Gres Berdasarkan Susila Jawa

Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa
Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa - Punya rumah gres merupakan dambaan banyak orang. Dengan gaya desain minimalis dan sederhana sudah cukup menciptakan hati bahagia apalagi rumah itu dibangun memakai jerih payah dari kerja sendiri. Ada yang menarik terkait rumah gres yakni ihwal bagaimana tindak tanduk atau adab sang pemilik memasuki rumah untuk pertama kalinya.

Kami (penulis) sengaja membagikan pengalaman mengenai hal itu, alasannya yaitu pada suatu ketika penulis ikut serta dalam permintaan program memasuki rumah. Kebetulan ketika itu yang mengundang yaitu orang dari jawa asli. Bagaimanakah cara memasuki rumah gres berdasarkan adab jawa?, berikut informasinya.

Terdapat sesi program mulai dari pembukaan, tahlil atau kirim doa, sambutan dan di akhiri dengan do'a. Sebelum program di mulai, sang pemilik rumah beserta keluarganya berjalan masuk dari luar seraya mengucapkan salam kepada tamu permintaan yang hadir sambil membawa bekal menyerupai pakaian, tikar, peralatan dapur dan masih banyak lagi.

Kaprikornus kalau disimpulkan secara lebih terperinci, Cara memasuki rumah gres berdasarkan adab jawa yaitu sebagai berikut:

Pertama
Pemilik rumah beserta keluarga memasuki rumah seraya mengucapkan salam dan membawa semua bekal yang dibutuhkan.

Kedua
Acara pembukaan yakni dimulai oleh MC dengan membaca surat al-faithah.

Ketiga
Memulai program tahlil dan Do'a bersama dengan para tamu permintaan yakni mendoakan orang renta atau keluarga sang pemilik rumah yang sudah meninggal.

Keempat
Sambutan yang di isi oleh muballigh atau kyai dari kawasan setempat yang berisikan pesan yang tersirat untuk tetap bersyukur kepada alloh s.w.t.

Kelima
Do'a epilog dan dilanjutkan program makan makan yang lalu para permintaan di beri berkat (jawa) untuk dibawa pulang.

Mungkin prosesi program memasuki rumah di atas yang sanggup kami bagikan mengingat apa yang sudah penulis alami secara langsung. Sebenarnya masih banyak lagi adab jawa memasuki rumah yang belum sanggup kami temukan di kawasan teman masing - masing.

Cara Memasuki Rumah Baru Menurut Adat Jawa tadi setidaknya memperlihatkan sedikit citra kasatmata dan sanggup dijadikan tumpuan ketika akan memasuki rumah baru. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasuki Rumah Gres Berdasarkan Susila Jawa"

Posting Komentar