Bancaan Ibu Hamil: Jadi Tradisi Ketika Gerhana Bulan

Tradisi Saat Gerhana Bulan - Banyak hal semacam ritual terjadi di masyarakat ketika tiba gerhana bulan yang diyakini sanggup membawa efek nyata bagi keluarga atau diri sendiri. Salah satu misalnya yaitu mengadakan bancaan (kondangan) bagi ibu yang sedang dalam keadaan hamil. Entah dari mana asal undangan adanya Tradisi yang sudah semenjak dulu ada itu kini masih tetap dipertahankan.

Muncul iktikad apabila dikala cahaya matahari yang memantul ke bulan mulai terhalangi oleh bumi, sedangkan ibu hamil tidak mengadakan bancaan (kondangan) hingga gerhana itu selesai, maka akan berdampak jelek bagi calon bayi ketika terlahir nantinya. Ada yang menyampaikan si jabang bayi mengalami cacat fisik menyerupai kurang lengkapnya anggota badan atau dalam bahasa jawa pada umumnya disebut "krowak". Mitos menyerupai itu mash diyakini hingga sekarang.
 Banyak hal semacam ritual terjadi di masyarakat ketika tiba gerhana bulan yang diyakini Bancaan Ibu Hamil: Makara Tradisi Saat Gerhana Bulan
Selain mitos terkait ritual bancaan, ada juga tradisi lain yaitu anak kecil disuruh bergelantungan di pohon yang ada di halaman rumah dengan maksud supaya si jabang bayi nantinya sanggup terlahir normal tanpa cacat. Mitos lainnya juga tak kalah menarik untuk di dengar, yakni ibu hamil tadi memasuki kolong daerah tidur sambil menggigit pecahan genteng (jawa:kreweng). Dan permasalahannya ialah andaikata si Ibu tadi lupa atau tidak tahu kalau ada gerhana, dan tidak mengadakan ritual semacam itu, apakah sanggup berdampak jelek juga pada calon si jabang bayi?, hehehe silahkan direnungkan sendiri.

Mendengar atau mengetahui pribadi tradsi menyerupai itu, aku pribadi tidak pernah tahu niscaya dari mana, kapan pertama kali asal muasalnya. Namun aku mencoba berfikir nyata dan berusaha memberikan pendapat kepada pembaca mengenai ajuan agama islam terlepas mitos tersebut diatas.

Dalam syariat islam, apabila tiba gerhana (matahari / bulan) sebagian atau total, umat islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat gerhana atau dalam bahasa arabnya disebut Sholat Al-Khusufaini. Yakni sholat sunnah dua rokaat secara berjamaah dimasjid atau ditempat sholat pada umumnya dan di lanjutkan dengan khutbah sehabis salam. Selengkapnya mengenai sholat gerhana sanggup di baca pada artikel Tata cara sholat gerhana bulan berdasarkan syariat islam.

Kesimpulan
Setelah membaca fenomena diatas, kalau disimpulkan, maka dua tradisi yang perlu dicermati, yakni;
1. Secara iktikad berdasarkan tradisi orang dulu: Bancaan Ibu hamil sambil menggigit kreweng dan anak kecil disuruh bergelantungan di pohon.
2. Secara syariat islam, hendaknya melaksanakan sholat sunnah gerhana dua rakaat berjamaah dan di lanjutkan khutbah.

Semoga goresan pena berjudul "Bancaan Ibu Hamil Makara Tradisi Saat Gerhana Bulan" ada guna dan keuntungannya bagi kita dan yang terpenting tetaplah nyata thinking.
NO Nama Barang Harga Barang
1 Acer Aspire E5-471G Black Color Core i5 4210U 1.7Ghz, 14" HD Acer Cine Crystal, 4GB, 500GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 820M 2GB, Camera, Wifi, Bluetooth, DOS 7.000.000,-
2 Acer Aspire E5-471G White / Red Color Core i5 4210U 1.7Ghz, 14" HD Acer Cine Crystal, 4GB, 500GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 820M 2GB, Camera, Wifi, Bluetooth, DOS 7.350.000,-

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bancaan Ibu Hamil: Jadi Tradisi Ketika Gerhana Bulan"

Posting Komentar