Bagaimana Aturan Merokok Dikala Berpuasa

Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa. Sangat menarik jikalau pertanyaan tersebut dibahas pokok permasalahannya alasannya yakni akan berkaitan akrab dengan batal atau tidaknya puasa seseorang. Sebelumnya penulis sudah menjelaskan ringkasan mengenai Perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa yang diambilkan dari kitab fathu al-qorib.


 Sangat menarik jikalau pertanyaan tersebut dibahas pokok permasalahannya alasannya yakni akan berkaita Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa

Mungkin dari beberapa masalah yang membatlkan puasa masih ada permasalahan yang tidak dijelaskan secara terperinci dalam kitab tersebut. Seperti permasalahan merokok ketika berpuasa, apakah membatalkan puasa atau tidak?. Pertanyaan demikian sangat sering sekali dijadikan materi pertanyaan orang awam, lebih parahnya lagi pertanyaan semacam ini dijadikan materi alasan bagi mereka yang tidak melaksanakan puasa dengan beropini kalau merokok tidak termasuk masalah yang dapat membatalkan puasa.

Hemmm bagaimana berdasarkan pembaca jikalau menanggapi pertanyaan menyerupai di atas?, apakah hanya membisu saja, atau mencoba untuk memberitahukan kepada mereka yang menganggap merokok tidak membatlkan puasa, bahwa merokok itu tolong-menolong membatalkan puasa. Atau bahkan mendukung mereka untuk terus merokok selama puasa alasannya yakni merokok itu tidak membatlkan puasa?

Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa

Disini penulis mencoba ikut mengembangkan informasi dengan beropini bahwa Sebenarnya Merokok Saat Berpuasa Adalah Membatalkan Puasa. Alasan kenapa merokok termasuk masalah yang membatlkan, alasannya yakni yang jadi permasalahannya yakni asap rokok itu sendiri mengandung banyak zat yang dapat masuk hingga ke lambung dan ke perut. Sudah cukup terperinci bahwa setiap sesuatu yang dengan sengaja masuk kedalam perut maka itu termasuk masalah yang membatalkan puasa, tidak terkecuali merokok.

Alasan lain kenapa merokok membatalkan puasa, alasannya yakni para ulama' mengistilahkannya sebagai syurbud dukhan (meminum asap), jadi sudah sangat terperinci sekali bahwa rokok termasuk masalah yang membatalkan puasa. Meski asap rokok tidak mengenyangkan, tetapi dapat disamakan dengan sesuatu yang dengan sengaja dimasukkan ke dalam perut, Sebab dengan kesengajaan inilah perbuatan itu dapat dinamakan makan dan minum.(Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin, Fatawa Shiyam, no. 203 dan 204)

Demikian sedikit klarifikasi mengenai Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa semoga dapat dipahami dan lalu dijadikan materi instropeksi diri jikalau selama ini menganggap bahwa merokok tidak membatalkan puasa, atau bahkan belum mengerti Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa.
Sumber : Klik Disini

Bagaimana Hukum Merokok Saat Berpuasa kiranya sudah cukup untuk meyakinkan pembaca bahwa ternyata hukumnya yakni membatalkan puasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Aturan Merokok Dikala Berpuasa"

Posting Komentar