Kpk Akan Usut Dugaan Sumbangan Tas Louis Vuitton Untuk Dirjen Pas

KPK mendalami dugaan derma satu buah clutch bag merek Louis Vuitton yang disebut akan diberikan bekas Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, kepada Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumhan, Sri Puguh Budi Utami. Dugaan derma tas itu terungkap dari surat dakwaan Wahid.
"Tentu penyidik akan lihat relevansinya. Terus juga dari sisi tugas yang bersangkutan apa. Semua niscaya akan didalami. Sepanjang relevan," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ketika ditemui kumparan di Hotel The Park Lane, Jakarta, Selasa (11/12).
Ia menyebut seseorang yang disebut mendapatkan derma sesuatu tidak sanggup serta merta dituding sebagai tersangka korupsi. Menurut dia, perlu dilakukan penjelasan terkait derma itu.
"Ketika orang mendapatkan sesuatu, apakah otomatis orang itu harus jadi tersangka? kan enggak. Kami panggil (sebagai) saksi. Tanya kenapa menerima, misalnya. Kita lihat juga itu tapi penyidik lebih tahu," ujar dia.
Perihal tas Louis Vuitton itu terungkap dalam surat dakwaan Wahid Husen. Wahid disebut mendapatkan tas tersebut dari napi korupsi, Fahmi Darmawansyah, pada Juli 2018. Tas tersebut rencananya akan diberikan Wahid sebagai kado utk Sri Puguh.
"Tas jenis clutch bag tersebut nantinya akan dihadiahkan terdakwa kepada atasannya, ialah Sri Puguh Budi Utami selaku Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumhan, sebagai kado ulang tahun," ungkap jaksa ketika membacakan surat dakwaan Wahid Husen di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (5/12). 
Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut tas tersebut sudah dikembalikan oleh seseorang kepada penyidik. Kendati demikian, Febri tidak menyebut siapa pihak yang menyerahkan tas tersebut. Ia juga belum mengungkap apakah tas tersebut sudah hingga ke tangan Sri Puguh atau belum.
Menurut Febri, hal tersebut akan didalami lebih lanjut. "Akan dipelajari lebih lanjut di fakta persidangan, apakah tasnya hanya hingga pada pihak tertentu, apakah hingga ke tangan yang dituju, nanti akan dibuktikan di persidangan," kata Febri. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kpk Akan Usut Dugaan Sumbangan Tas Louis Vuitton Untuk Dirjen Pas"

Posting Komentar