Kenali Kanker Semenjak Dini

Kanker sering terdeteksi saat perkembangbiakannya sudah mulai menyebar. Semestinya, bila kita mau sedikit memberi perhatian maka tubuh akan memberi sinyal. Sebelum semua terlambat, setidaknya ada 10 tanda-tanda kanker yang sanggup kita cermati.

Penurunan berat tubuh yang tidak sanggup dijelaskan


Demam yang persisten (menetap), penurunan berat badan, lesu lebih dari 3-4 ahad mungkin menjadi tanda kanker. Penurunan berat tubuh yang signifikan selama beberapa bulan tanpa alasannya ialah yang jelas, sanggup menjadi salah satu tanda peringatan utama kanker. Jenis kanker yang paling sering ialah kanker pankreas, perut, kerongkongan atau paru-paru.

Sariawan yang tak kunjung sembuh


Jika menderita sariawan atau plak putih di lisan yang tidak sembuh selama lebih dari 3 minggu, maka harus berkonsultasi dengan dokter. Ini mungkin berafiliasi dengan iritasi konstan yang terjadi lantaran ketidakselarasan gigi dan juga tanda-tanda awal kanker.

Demam


Demam juga berafiliasi dengan beberapa kanker. Hampir semua pasien dengan kanker akan mengalami demam pada beberapa waktu, terutama jikalau kanker atau pengobatannya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Kembung, Perubahan Kebiasaan BAB, Sakit Perut, Darah Dalam Tinja


Kondisi tersebut sanggup jadi merupakan tanda-tanda kanker usus. Darah biasanya akan gelap tetapi sanggup berwarna merah terang.  Mungkin akan terlihat pada perubahan teladan buang air besar normal (seperti diare atau sembelit) tanpa alasan yang jelas. Juga mungkin mempunyai perasaan tidak nyaman pada usus.

Batuk Berkepanjangan


Ada kondisi medis yang sanggup menimbulkan tanda-tanda di dada ibarat batuk dan sesak napas (misalnya, abses dan radang). Tetapi dalam beberapa kasus, tanda-tanda ini mungkin merupakan tanda dari paru-paru kanker. Jika mempunyai batuk atau merasa sesak napas selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Perubahan kulit


Perubahan warna kulit atau warna tahi lalat sanggup menjadi tanda-tanda kanker. Kanker kulit sanggup berkembang lantaran beberapa faktor risiko, terutama pada orang yang sering mengunyah tembakau, merokok, alkohol, luka kulit yang tidak kunjung sembuh.

Bintik-bintik putih di lidah


Kondisi ini juga dikenal sebagai leukoplakia, yang mungkin berubah menjadi kanker rongga mulut. Leukoplakia merupakan area pra-kanker yang disebabkan oleh iritasi. Jika tidak diobati, leukoplakia sanggup menjadi kanker mulut.

Perdarahan yang tidak biasa


Ini sanggup terjadi pada kanker dini atau lanjut. Darah di sputum (dahak) sanggup menjadi tanda kanker paru. Darah pada tinja sanggup menjadi tanda kanker kolon atau kanker rektum. Kanker leher rahim atau endometrium (lapisan rahim) sanggup menimbulkan perdarahan vagina abnormal.

Darah dalam urine mungkin merupakan tanda dari kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Debit darah dari puting susu mungkin merupakan tanda kanker payudara.

Penebalan atau benjolan di payudara


Gejala ini sanggup disebabkan oleh banyak alasan lain selain kanker dan dokter ialah orang terbaik untuk mengidentifikasi alasan sesudah penyelidikan. Daripada menunggu tanda-tanda muncul ke permukaan, akan lebih baik menentukan untuk investigasi kesehatan secara berkala.

Gatal, pengerasan kulit atau perdarahan


Ini ialah tanda-tanda kurang umum tetapi dihentikan diabaikan. Penting untuk menemui dokter jikalau mempunyai tanda yang tidak biasa pada kulit yang berlangsung lebih dari beberapa minggu.


--------------------------------------------------------------------------------------
Catatan:
Di Indonesia, jenis kanker yang paling banyak menyerang ialah kanker payudara dan serviks. Artinya, perempuan sangat rentan untuk menderita kanker. Deteksi dini dan mengetahui tanda-tanda kanker lebih awal ialah cara terbaik untuk sanggup melawan kanker. Artikel ini merupakan kutipan dari timesofindia, Selasa (7/2/2012).
----------------------------------------------------------------------------------------

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Kanker Semenjak Dini"

Posting Komentar