Jenis-jenis Kain Sarung yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Kain Sarung yang Perlu Anda Ketahui

Sarung bisa dibilang salah satu pakaian yang tidak lepas dari budaya Indonesia. Selain sebagai perlengkapan untuk melakukan sholat, sarung juga sering dikenakan sehari-hari. Tak heran memang, sarung bisa multifungsi, bisa untuk sholat, bisa untuk selimut, bisa juga sebagai bawahan pengganti celana. Karena itulah banyak laki-laki yang nyaman mengenakan sarung. Sarung juga menjadi pakaian adat di salah satu daerah Indonesia dan paling terbaik adalah sarung wadimor.

Sekarang ini, fashion sarung sudah berkembang. Tidak hanya sebuah kain yang nyambung saja, tapi sudah ada yang penggunaannya seperti rok, tinggal pakai saja tanpa harus dilipat lagi. Kemudian, ada juga celana sarung yang diminati anak muda. Tapi, apapun model sarungnya, jika anda salah memilih jenis kain, bisa saja tidak nyaman dikenakan. Inilah jenis-jenis kain sarung dari tenun goyor sampai sarung wadimor :

Sarung Tenun Goyor

Jenis kain yang pertama adalah kain sarung tenun goyor. Kain ini berasal dari Jawa Tengah yang dibuat dengan teknik tenun kualitas tinggi, sehingga motifnya bagus, indah dan enak dipandang. Bahannya tetap lemas, jadi mudah sekali dibentuk di badan dan nyaman sekali di kulit. Sarung tenun goyor ini adem dan bisa membuat anda mudah saat mengenakannya. Terdapat dua motifnya yakni wereng dan botolan.

Kain Ulos

Selanjutnya ada kain ulos yang merupakan khas Batak dan dibuat dengan teknik tenun. Bagi warga Batak, kain ulos ini tak hanya sebagai sarung, tapi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Menurut budaya batak, kain ulos adalah sumber panas selain dari api dan matahari. Sehingga, masyarakat batak mengenakannya saat upacara kelahiran, pernikahan, kematian dan upacara-upacara penting bagi adat Batak. Motif ulos bermacam-macam berdasarkan fungsinya. Kain ulos yang dikenakan pada pernikahan, tentunya beda dengan yang dikenakan saaat upacara kematian. Jadi, setiap acara harus memperhatikan motif apa yang akan dipakai. Kalau tidak, anda bisa tidak mengikuti upacara tersebut.

Tenun Samarinda

Kalau anda orang samarinda pastilah tahu tentang sarung tenun samarinda. Kain tenun samarinda ini sebenarnya tidak hanya dibuat sebagai sarung saja, melainkan juga bisa dibuat sebagai pakaian resmi. Motif kainnya kota-kotak seperti kebanyakn motif sarung Indonesia.
Kain Poleng

Bali juga mempunyai kain sarung yakni kain poleng. Kain ini bermotif kotak-kotak dan warnanya hitam dan putih. Kain ini biasanya terikat pada patung, pohon hingga digunakan oleh pecalang. Kain poleng bagi masyarakat Bali mempunyai makna yang religius dan sangat berarti bagi mereka. Sehingga tak heran kalau setiap upacara penting banyak yang mengenakannya.

Sarung Sutra Bugis 

Orang bugis juga mempunyai kain sarung yang khas dan menjadi pakaian adatnya yakni sarung sutra bugis. Kalau sarung ini pasangannya adalah baju bodo. Motif sarung sutra bugis adalah kotak-kotak dan sebagai penanda status pada orang-orang tertentu. Apabila anda melihat wanita menggunakan sarung motif kotak-kotak kecil itu berarti dia belum menikah.

Sarung Wadimor

Bagi yang mencari sarung berkualitas tinggi, bisa membeli sarung wadimor. Sarung wadimor merupakan sarung yang dibuat dengan bahan berkualitas tinggi serta menggunakan teknologi canggih. Selain itu, tenaga yang dipilih juga ahli tenun, jadilah sarung yang bisa memanjakan anda dalam setiap kegiatan ketika menggunakannya. Untuk modelnya, wadimor menghadirkan model yang kekinian dengan motif-motif nan indah dan menunjukkan ciri khas Indonesia.

Bahan sarung ini dari katun, sehingga sangat nyaman di kulit, adem dan bisa menyerap keringat pastinya. Selain bahan yang bagus, sarung wadimor juga terdiri dari beragam warna yang sesuai keseukaan pria Indonesia. Untuk menjaga kualitas sarung, maka diberikan kemasan yang bisa melindungi produk dan mudah diaplikasikan.

Anda bisa membeli berbagai jenis sarung di atas di blibli.com. Semua produk yang ditawarkan sudah pasti berkualitas tinggi. Apalagi jika anda memilih sarung wadimor, selain produknya berkualitas harganya pun terjangkau. Harga tergantung motif, ukuran dan model, jadi berbeda-beda dan pastikan anda mendapatkan sarung yang tepat untuk diri anda. Belanja online semakin mudah, nyaman dan tanpa khawatir bila melalui blibli.com. Berbagai metode pembayaran tersedia untuk memudahkan anda dalam mendapatkan produk impian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Kain Sarung yang Perlu Anda Ketahui "

Posting Komentar