Fakta Seputar Pensil

Sebatang pensil punya banyak cerita. Tidak hanya sebagai alat tulis ketika ujian atau alat gambar paling lazim dikenal, namun banyak lagi.


Nah, berikut ini beberapa fakta menarik soal pensil.

1. Setiap tahun diproduksi 14 miliar batang pensil di seluruh dunia. Yang terbanyak di Amerika Serikat (2 miliar batang). Jika semua pensil itu digunakan untuk membuat garis, akan tercipta 64 garis keliling dunia.

2. Satu batang pensil dapat menulis 40 ribu kata atau setara dengan garis sepanjang 35 mil.

3. Awalnya pensil digunakan untuk menandai kambing. Sifat graphite (bahan dasar pensil) yang lunak membuat para peternak gampang menorehkan marka di kulit kambing.

4. Pensil pertama kali diciptakan pada tahun 1565 di Inggris, tetapi gres seabad lalu diproduksi secara massal di Jerman.


5. Pada 30 Maret 1858, insan membuat penghapus. Sebagian besar pensil Eropa tidak memakai penghapus di pantatnya. Tidak ibarat pensil di Amerika yang memakai penghapus.

6. Setiap batang pohon dengan ukuran rata-rata akan menghasilkan 170 ribu batang pensil.

7. Pensil terbesar dibentuk oleh Ashrita Furman di New York. Panjangnya 23 m, berat 10 ton, dan harganya AS$ 20 ribu.


8. Pensil diberi warna cerah semoga gampang ditemukan. Pensil sekarang berbentuk heksagonal (bukan bulat) semoga tidak menggelinding di bidang datar.

9. Peraut pensil pertama kali dibentuk dan dipatenkan oleh matematikawan asal Prancis, Bernard Lassimone, pada tahun 1828. Sebelumnya orang meraut pensil memakai pisau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Seputar Pensil"

Posting Komentar