Suami Atau Istri Yang Harus Cek Kesuburan

Setahun Menikah Belum Dikaruniai Anak, Suami atau Istri yang Harus Cek Kesuburan?



Liputan6.com, Jakarta Saat pasangan suami istri yang sudah menikah lebih dari satu tahun tapi belum juga dikaruniai seorang anak, jangan hanya istri yang diminta untuk mengecek kesehatannya. Masalah ketidaksuburan pun bisa bersumber dari pria. 
Sebenarnya, potensi kehamilan tertinggi jatuh pada usia ijab kabul 6 bulan. Jika telah melaksanakan relasi seksual tanpa kontrasepsi selama lebih dari 12 bulan, ada baiknya Sahabat Dream dan pasangan segera memeriksakan diri ke dokter.
Masalah infertilitas (ketidaksuburan) sanggup bersumber dari kedua belah pihak. Pada pria, duduk masalah bersumber dari sperma dan testis.
"Keluarnya air mani yang banyak belum tentu mengandung sperma berkualitas. Bentuk sperma harus sempurna, jumlah minumum 15 juta sel serta bisa bergerak lurus dan cepat. Atau bisa juga testis yang terjangkit parotitis (gondongan)," tutur Beeleoni, dokter seorang andal obsstetri dan ginekologi di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Masalah dari Pihak Wanita

Sedangkan pada perempuan, masalahnya jauh lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh organ reproduksi perempuan yang kompleks.
Sel telur diproduksi di indung telur (ovarium) dan hanya sanggup dibuahi kalau mencapai tuba faloppi. Terhalangnya sperma yang ingin masuk sanggup diakibatkan oleh penyakit menyerupai kista cokelat, miom atau polip.
"Belum lagi ditambah dengan duduk masalah hormonal penyebab sindrom ovarium polikistik, di mana terdapat banyak sel telur yang tidak subur," ujarnya.
Konsultasi kesuburan penting dilakukan untuk perempuan yang ingin mengikuti jadwal hamil, terutama di atas usia 35 tahun. Teknik investigasi radiografi histerosalpingografi (HSG) dan laparoscopy sanggup mendeteksi kelainan tuba faloppi.
Penting juga memantau siklus haid dan hormon secara rutin. Lakukan juga investigasi ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi rahim secara detail.
Hal yang tak kalah penting supaya kehamilan cepat terjadi yaitu mengonsumsi masakan sehat.
"Asupan asam folat, gandum utuh dan omega 3 sangat baik untuk kesuburan. Sebaliknya, kurangi konsumsi saturated fatty acid yang berasal dari daging merah," pesan Beeleoni.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suami Atau Istri Yang Harus Cek Kesuburan"

Posting Komentar