Ingin Menciptakan Website Sendiri, Ini Script Yang Harus Anda Pelajari!

Sebelum saya uraikan wacana script yang harus dipelajari untuk membuat website sendiri, saya ingin memastikan bahwa yang anda cari memang benar-benar acuan untuk membuat halaman website dan bukan mencari cara untuk membuat halaman blog, alasannya yakni ternyata tidak sedikit pengguna internet yang mencari acuan wacana bagaimana cara membuat website sendiri padahal apa yang ingin mereka temukan bersama-sama yakni cara membuat halaman blog, begitu juga sebaliknya. Makara harap untuk diperhatikan bahwa apa yang anda cari memang benar cara membuat website bukan cara membuat blog sesuai dengan yang anda inginkan

Perlu anda ketahui bahwa untuk dunia aplikasi web, memang ada 2 istilah yang kerap sekali digunakan terutama terkait halaman web, yaitu website dan blog, jikalau anda masih menganggap antara website dan blog itu sama, maka anda salah besar alasannya yakni keduanya ternyata berbeda.

Sebelum saya uraikan wacana script yang harus dipelajari untuk membuat website sendiri Ingin Membuat Website Sendiri, Ini Script yang harus anda pelajari!


Kenali Perbedaan Website dan blog!

Baik website maupun blog keduanya memang merupakan aplikasi web yaitu aplikasi komputer yang sanggup diakses melalui browser ibarat mozila, google chrome, safari, opera, internet explorer dan browser-browser lainnya, meskipun sama-sama merupakan halaman web, ternyata keduanya yakni 2 hal yang berbeda. terutama dari sisi fungsi dan ruang lingkupnya.

Website yakni halaman web yang fungsinya lebih dinamis sanggup digunakan untuk banyak sekali keperluan yang sifatnya administratif sesuai dengan yang diinginkan, contohnya untuk toko online atau online shop yang dilengkapi dengan akomodasi input data barang dan pemesanan barang serta info pendukung lainnya, sistem info perpustakaan sekolah, aplikasi keuangan dan aplikasi lainnya dan biasanya selalu melibatkan basis data di dalamnya untuk menyimpan, mengedit, menghapus dan dan memanipulasi data, disertai dengan penyajian info hasil pengolahan data yang diperlukan oleh penggunanya.

Sedangkan blog yakni halaman situs sederhana yang difungsikan sebagai sistem pengelola konten (content management sistem atau CMS), biasanya disajikan dalam bentuk goresan pena atau text, gambar, video maupun suara, blog secara fungsi memang sangat terbatas berbeda dengan website yang mempunyai ruang lingkup lebih luas.

Jika apa yang anda cari ternyata yakni wacana cara membuat website sendiri untuk keperluan tertentu, maka artikel ini yakni artikel yang sempurna yang akan menjelaskan kepada anda apa saja yang harus anda pelajari semoga sanggup membuat website sendiri.

Yang harus dipelajari untuk Membuat Website Sendiri

Membuat halaman website sendiri memang bukanlah masalah mudah, kecuali anda sudah sangat mahir, ada beberapa script yang harus dipelajari yaitu sebagai berikut:

#1 - Script HTML

Script HTML yakni script client (script yang sanggup diterjemahkan oleh browser) untuk membuat halaman website sendiri yang sifatnya standar, script ini disebut sebagai script utama multiflatfom sanggup dijalankan di banyak sekali sistem operasi yang sanggup digunakan untuk menyusun halaman web baik blog maupun website, script ini yakni salah satu script yang bisa diterjemahkan oleh browser untuk diproses sehingga menjadi tampilan halaman web sesuai dengan yang diinginkan.

Untuk membuat halaman website sendiri, maka script HTML ini benar-benar harus anda pelajari, script ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari kok.... jadi jangan khawatir bahkan berdasarkan pendapat banyak programmer termasuk saya pribadi, script HTML yakni script yang paling gampang untuk dipelajari jikalau dibandingkan dengan script bahasa pemrograman lainnya.

Panduan dasar untuk memahami HTL anda bisa baca: Cara membuat struktur HTML untuk pemula

#2 - Script CSS (Cascade Style Sheet)

Jika script HTML yakni script utama yang menyusun kerangka halaman website ataupun blog, maka lain halnya dengan script CSS, script ini yakni script client yang fungsinya untuk mendekorasi  atau mendesaian dan juga mengatur tata letak halaman situs sehingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

Script ini bisa memanipulasi aba-aba tag-tag script HTML sehingga tag-tag html bisa di dekorasi dan diatur tata letaknya sedemikian sehingga tampilannya sesuai dengan yang diinginkan. jikalau anda ingin bisa membuat halaman website sendiri maka script ini yakni salah satu script yang benar-benar wajib anda kuasai.

Untuk mempelajari script ini, saya merekomendasikan anda berguru di w3school. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web ibarat HTML, Javascript dan CSS.

#3 - Javascript

Jika fungsi CSS yakni untuk mendekoarsi dan mengatur tata letak halaman web, maka javascript yakni script khusus yang diproses di sisi client oleh browser yang sanggup digunakan untuk membuat halaman web lebih interaktif, artinya jikalau ada agresi dari pengujung terhadap bagian-bagian tertentu pada halaman web, maka halaman bereaksi, contohnya tombol di arahkan mouse di atasnya warnanya berubah dari merah ke biru, hidangan diclick scroll ke bawah dan lain sebagainya sehingga halaman blog kelihatan lebih hidup.

Javascript bisa memanipulasi tag-tag HTML semoga responsif terhadap agresi pengguna sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mempelajari script ini, saya merekomendasikan anda berguru di w3school JS. Sebuah situs yang cukup lengkap dengan dokumentasi gratis script-script web ibarat HTML, Javascript, CSS dan script-script lainnya.

Untuk menguasai javascript intinya memang perlu kemampuan khusu, namun ketika ini banyak sekali framework-framework atau library javascript atau kerangka kerja yang sanggup mempermudah pekerjaan anda dalam membuat website sendiri, peranan framework ini bisa membantu anda dalam pengkodean javascript untuk mendesain website anda, dengan adanya framework maka anda tidak perlu melaksanakan pekerjaan dari nol, bayangkan saja ibarat halnya anda ingin membuat sebuah gambar yang sudah mempunyai garis-garis bantu yang siap anda rangkai menjadi gambar yang utuh, begitu juga dengan fungsi framework.

#4 -  Pelajari Script Server.

Sebuah website profesional tidak lepas dari keterlibatan script server di dalamnya, jikalau script client ibarat HTML, CSS javascript yakni script sanggup diproses dan diterjemahkan oleh browser sehingga menghasilkan tampilan halaman situs, beda halnya dengan script server, script server hanya sanggup diproses dan diterjemahkan oleh webserver yang tersimpan di mesin server.

Peranan script server yakni untuk membantu membuat struktur pengkodean halaman situs menjadi lebih gampang dan lebih praktis, script server ini nanti akan diproses oleh server dan diterjemahkan ke dalam script HTML dan balasannya dikirim ke mesin client yang mengaksesnya untuk diterjemahkan oleh browser yang menggunakannya.

Berikut beberapa script server yang bisa anda pelajari untuk membuat sendiri halaman website:

  • PHP (Hypertext Preprocessor)
  • Java Server Page (JSP)
  • Active Server Page ASP
  • dan masih banyak yang lainnya.

Namun jikalau anda ingin fokus saya merekomendasikan untuk mempelajari PHP, alasannya yakni ketika ini PHP yakni salah satu script web yang sangat terkenal dan paling banyak penggunanya. banyak situs-situs besar dan profesional memakai script PHP di dalamnya.

Agar sanggup mempermudah Melakukan pengkodean script PHP, anda bisa memanfaatkan penggunaan framework atau library kerangka kerja yang sudah banyak tersedia dan siap digunakan secara gratis, sehingga anda tidak harus membuatnya dari nol, dan sanggup mempercepat pekerjaan anda dalam membuat website atau halaman situs, beberapa framework berbasis PHP yang cukup dikenal ketika ini dan sudah banyak digunakan beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:


Saya eksklusif lebih suka memakai Code Ignitor, alasannya yakni merasa sangat cocok dan cukup gampang dipakai. Anda bisa mereview kelebihan dan kekurangan framewok-framewok yang ada yang akan anda gunakan semoga lebih mantap untuk mempelajarinya.

#5 - Pelajari Basis data 

Basis data yakni pengolah data yang nanti anda akan libatkan di halaman website anda, ibarat contohnya anda membuat website toko online, maka aplikasi harus mempunyai akomodasi untuk menginput data barang, data pelanggan dan lain sebagainya, begitu juga jikalau anda ingin membuat aplikasi perpustakaan, dan aplikasi web lainnya, untuk menyimpan menghapus dan memelihara data maka website harus terintegrasi ke basis data, Jika anda ingin bisa membuat website sendiri maka anda harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan basis data, bagaimana cara mengoperasikan basis data dan bagaimana cara memanipulasi data untuk menampilkan info yang diinginkan.

Basis data yang paling banyak digunakan pada aplikasi website diantaranya adalah:

  • MySQL, ini sangat cocok sekali disandingkan dengan script PHP
  • Postgres dan
  • Basis data lainnya.

#6 - Kenali dan Pelajari Editor untuk membuat halaman webstite.

Selanjutnya apa yang harus anda persiapkan untuk membuat halaman website sendiri yakni editor untuk mengetikan perintah script halaman web atau untuk mendesain halaman website yang akan anda bangun, ada banyak sekali editor untuk membuat halaman website. beberapa diantaranya dalah:

  • Netbean, ini yakni editor gratis yang saya sukai untuk editor membuat halaman website dengan projek medium ke atas, berbasis PHP atau java, kaya akan fitur dan pure koding, artinya murni memakai perintah text, jadi anda harus sudah bisa memahami script-script website sehingga sanggup anda ketikan  di netbean ini
  • Notepad ++, tool gratis dan sederhana berbasis text kaya akan plugin, tool ini ringan dan anda bisa menginstal plugin-plugin yang dibutuhkan, tool ini cukup baik digunakan sebagai editor website ataupun blog. saya sering memakai tool ini untuk keperluan yang sederhana, alasannya yakni cukup cepat dan gampang sekali digunakan.
  • Dream weaver, dream weaver yakni tool berbayar dari adobe yang banyak digunakan untuk membuat desain web, tool ini bisa kita gunakan dalam mode text maupun mode desain drag and drop, jikalau anda ingin membuat tampilan website cepat, anda bisa memakai tool ini, namun tetap pada prakteknya anda harus sudah menguasai script-script web, terutama HTML, Javascript dan CSS. tool ini bersama-sama tool yang cocok sekali untuk programmer berpengalaman untuk membantu mempermudah dalam mendesain tampilan halaman situs, anda juga bisa mencobanya walaupun anda pemula.
  • Dan masih banyak yang ainnya...tretet...

Baca juga: Software yang diperlukan untuk membuat website

#7. Gunakan Xampp untuk PHP

Untuk membuat website memakai PHP maka anda perlu menyiapkan webserver, php interpreter yang akan menterjemahkan script php dan tool lainnya, tool ini bisa anda dapatkan secara terpisah kemudian anda harus menginstalnya di komputer anda, namun anda akan kesulitan untuk melaksanakan konfigurasinya, hening saja, ada kabar baik ternyata ada banyak sekali pihak ke 3 yang sudah membundel tool-tool yang diperlukan untuk membuatkan halaman situs memakai PHP, salah satu yang paling terkenal ketika ini yakni software Xampp.

Xampp yakni bundel software atau kumpulan software-software yang diperlukan untuk membuatkan website memakai PHP yang bisa anda instal di komputer local untuk menguji website yang anda buat dengan PHP, dengan memakai xampp anda akan sangat terbantu dan tidak perlu melaksanakan konfigurasi yang cukup ribet.

Saya tidak akan panjang lebar bagaimana cara membuat website dengan pinjaman xampp, anda bisa mencarinya diinternet langkah apa yang harus anda tempuh ketika ingin memakai xampp untuk membuatkan website.

Sedangkan untuk cara instalnya anda bisa baca di artikel di bawah ini:

Makara Xampp dan juga tool Editor ibarat netbean atau notepad++ harus anda instal pada komputer anda, editor digunakan untuk mengetikan perintah atau script web yang akan anda buat, sedangkan xampp semacam webserver local yang sanggup anda gunakan untuk mengetes halaman web yang sedang anda buat, sebelum halaman website anda di release untuk dipublis ke internet. Xampp sama halnya ibarat server hosting yang sanggup anda gunakan untuk menyimpan file-file website yang sudah anda buat.

Waduh ternyata repot juga ya membuat website sendiri, banyak yang harus dipelajari dan disipakan!

Jika anda tidak mau repot-repot membuat website sendiri anda bisa memakai situs-situs penyedia pembuatan layanan website yang siap digunakan, sehingga anda lebih gampang dan cepat dalam mencipkan halaman website anda.

Ada banyak sekali situs-situs yang menyajikan pinjaman untuk membuat layanan website sendiri terutama untuk online shoop, ada yang gratisan ada juga yang berbayar, jikalau itu yang anda perlukan, anda bisa cari layanan-layanan jasa pembuatan website yang banyak sekali bertebaran diinternet.


Bagaimana dengan Halaman Blog? 

Sekali lagi saya tegaskan bahwa blog tidak sama dengan website, jikalau yang anda cari yakni cara untuk membuat blog, maka ini justru lebih mudah, ada banyak sekali situs-situs penyedia layanan blog gratis yang tersdia di internet yang siap anda gunakan, beberapa diantaranya adalah:


Anda bisa memakai situs-situs di atas untuk membuat halaman blog yang anda inginkan, silahkan buka situs di atas kemudian buat halaman blog yang anda inginkan, oh ya, ketika ini banyak orang membuat halaman blog bukan hanya bertujuan untuk menuangkan goresan pena saja, namun ketika ini blog sudah banyak digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. jikalau anda tertarik anda bisa baca artikel di bawah ini sebagai referensi:


Namun jikalau anda membuat blog di layanan blog tersida, alamat blog anda akan berakhiran nama situs layanan blog yang anda gunakan, contohnya jikalau anda membuat halaman blog di blogspot maka, alamat blog anda akan berakhiran nama_blog_anda.blogspot.com, atau jikalau anda membuat blog di wordpress, maka nama alamat blog anda akan berakhiran nama_blog.wordpress.com begitu juga untuk layanan blog lainnya.

Oh Tapi saya ingin membuat blog dengan alamat sendiri, misalkan berakhiran .com, .org, .co.id dan lainya bagaimana caranya?

Jika apa yang anda cari cara membuat halaman blog dan anda ingin membuat halaman blog dengan domain sendiri atau Top Level Domain (TLD), domain eksklusif dengan akhiran .com, .org, .co.id, .net dan lain sebagainya, maka anda harus membeli layanan domain dan juga layanan hosting.

Untuk memahami apa itu hosting dan domain silahkan baca dulu : apa perbedaan hosting dan domain!

Anda bisa memakai Conten Management System (CMS) ibarat cms wordpress.org, htmly dan lain sebagainya yang bisa anda download dan gunakan secara gratis untuk halaman blog anda, kemudian anda tinggal membeli layanan hosting dan juga membeli layanan nama domain, hosting untuk menyimpan file-file halaman blog anda, sedangkan nama domain  digunakan untuk alamat blog anda.

Saya sarankan memakai cms dari wordpress.org, cms ini memakai script PHP dan cms ini cukup gampang digunakan, flexible, dan penggunanya sangat banyak diseluruh dunia serta didukung dengan tutorial-tuorial yang banyak bertebaran diinternet.

Anda bisa membuatnya memakai komputer yang terhubung ke internet ataupun memuatnya memakai hp namun anda akan kerepotan. jadi disarankan memakai komputer atau laptop untuk membuatnya.


Demikian wacana Apa yang harus anda persiapkan untuk membuat website sendiri, baik script yang harus anda pelajari dan juga tool-tool yang harus anda persiapkan, semoga membantu dan anda bisa mewujudkan harapan anda sehingga berhasil membuat halaman website sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Menciptakan Website Sendiri, Ini Script Yang Harus Anda Pelajari!"

Posting Komentar