Cara Terbaik Mengatahui Posisi Artikel Blog Di Hasil Pencarian Google

Ada aneka macam tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa kita gunakan untuk mengecek Posisi Artikel Postingan dihasil Pencarian google, tool ini kadang perlu kita gunakan untuk mengetahui dan mengevaluasi posisi setiap artikel blog kita di hasil pencarian (SERP) biar bisa mengatahui mana yang harus dioptimasi lebih dulu, jikalau artikel muncul di posisi yang kurang baik, maka artikel tersebut harus segera kita meningkatkan secara optimal kembali hingga mendapat posisi terbaik di hasil pencarian, namun jikalau bagus, setidaknya kita bisa mempertahankannya.

Tool untuk mengecek posisi artikel ibarat ini memang cukup informatif menyajikan isu yang kita inginkan, terutama mengenai isu posisi artikel di hasil pencarian, jikalau kita melaksanakan cek, kemudian menemukan ada dari artikel blog muncul di hasil pencarian di posisi yang boleh dibilang tidak terlalu bagus, maka itu mengambarkan artikel tersebut harus mendapat perhatian khusus, artinya harus kita meningkatkan secara optimal biar lebih baik, tentu saja meningkatkan secara optimal yang bisa dilakukan terfokus pada dua faktor, optimasi seo onpage dan meningkatkan secara optimal seo offpage, dengan kedua meningkatkan secara optimal tersebut, maka artikel lambat tapi niscaya bisa merangkak naik ke posisi hasil pencarian yang lebih baik.

Cara Mengetahui Posisi Artikel Postingan di hasil Pencarian Google

Pada artikel kali ini saya hanya ingin mengembangkan isu mengenai cara mengetahui posisi artikel dihasil pencarian, baik itu memakai tool berbasis desktop maupun berbasis web, ataupun tanpa sumbangan tool sekalipun, bergotong-royong aneka macam tool gratisan yang bisa anda gunakan namun saya akan coba share beberapa tool gratisan yang bisa anda coba untuk mengetahui SERP blog anda di google search enggine, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Menggunakan Mesin Pencari Google

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui posisi artikel di hasil pencarian ialah dengan memakai mesin pencari google itu sendiri, caranya silahkan buka google.com atau google.co.id, kemudian silahkan anda ketikan kata kunci yang anda bidik untuk artikel anda yang ingin muncul dihasil pencarian, jikalau anda memakai cara ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, sebagai berikut:

a. Alternatif 1, anda harus logout dulu dari aplikasi google, baik itu g+, email, maupun akun blogger anda, ini perlu sebab jikalau anda tidak keluar, maka hasil pencarian akan memprioritaskan artikel yang ada pada blog anda dengan email yang masih login, tentu saja ini bukan posisi yang sebenarnya, jikalau dibuka di komputer orang lain tentu saja akan berbeda.

b. Alternatif ke 2, yaitu Menggunakan Incognito Window, atau jendela mode pribadi, ini berdasarkan saya sangat recomended jikalau anda memakai mesin pencari google untuk cek posisi artikel anda, jikalau anda menentukan cara ini anda tidak perlu harus repot-repot logout dulu dari akun google milik anda, caranya silahkan anda pilih  Jendela mode langsung gres atau incognito window pada browser yang anda gunakan anda niscaya tau caranya, kemudian lakukan pencarian atas artikel anda memakai mesin pencari google.

Cara ini ialah cara yang paling efektif sebab kita memakai mesin pencari google itu sendiri untuk melihat artikel kita di hasil pencarian google SERP, namun kelemahannya kita tidak bisa mengetahui secara sekaligus setiap kata kunci yang kita bidik, artinya setiap artikel yang ingin kita lihat posisinya di hasil pencarian google, tetap harus dicek satu-persatu memakai kata kunci yang anda bidik untuk blog anda.

2. Menggunakan Free Monitor For Google (Sangat Recomended)

Free monitor for google ialah salah satu software gratis berbasis desktop yang cukup efektif untuk memonitor posisi tiap artikel berdasarkan kata kunci yang dibidik, kapasitas sofware ini cukup kecil, dan sangat gampang untuk digunakan, berdasarkan saya cara ini ialah cara yang paling efektif dan saya sangat menyarankan anda memakai sofware ini untuk memonitor dan mengevaluasi artikel anda di hasil pencarian google,  kelebihan software ini dibandingkan memakai mesin pencari google ialah jikalau anda memakai mesin pencari google maka mau tidak mau anda harus mengecek satu persatu setiap kata kunci yang anda bidik, sedangkan jikalau memakai software free monitor for google anda akan bisa mengecek secara sekaligus banyak kata kunci dalam satu kali klik.

Untuk memakai FreeMonitor for google langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Silahkan anda download terlebih dahulu software free monitor for google di situs dibawah ini:
http://downloads.tomsguide.com/Free-Monitor-for-Google,0301-3853.html
Atau anda bisa download di alamat situs lain dengan melaksanakan pencarian "download free Monitor for google", aneka macam situs yang menyediakan file download untuk software ini, silahkan anda cari.

b. Silahkan anda install free monitor for google pada komputer anda hingga berhasil, kemudian Jalankan software tersebut, tampilannya kurang lebih ibarat gambar dibawah ini:

Ada aneka macam tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa k Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google

Jika aktivitas sudah berjalan maka anda siap untuk memakai software tersebut untuk memonitor setiap artikel anda, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

c. Masukan Url Blog atau situs anda, caranya klik menu project, kemudian pilih sub sajian Add URL, atau anda bisa tekan tombol bergambar + yang berwarna hijau, pada kotak isian kemudian anda masukan url blog anda, misal :

d. Langkah berikutnya, masukan juga kata kunci yang anda bidik untuk setiap artikel anda, caranya, pilih menu Project, kemudian pilih submenu Keywords

Ada aneka macam tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa k Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google

Silahkan anda masukan kata kunci untuk setiap artikel blog anda pada kotak keyword, kemudian tekan tombol add, anda bisa memasukan lebih dari satu kata kunci yang relevan dengan artikel pada blog anda, tekan ok jikalau sudah selesai.

Kata kunci yang anda masukan akan muncul di halaman utama monitor for google,

e. Seting mesin pencari google yang ingin anda gunakan, caranya silahkan anda masuk ke menu Options, kemudian pilih submenu Preferences, akan tampil kemudahan pengaturan ibarat gambar berikut:

Ada aneka macam tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa k Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google

Silahkan anda atur sebagai berikut:

Check First, silahkan anda masukan jumlah hasil pencarian untuk mengetahui posisi artikel anda. misal 10, artinya jikalau artikel anda ada di urutan 10 besar maka isu posisi artikel anda akan muncul.

Country, silahkan anda pilih country untuk mesin pencari google, pilih saja indonesia,

Jika sudah kemudian tekan tombol ok

f. Lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda masukan pada tahap sebelumnya, langkah-langkahnya adaah sebagai berikut:

Ada aneka macam tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa k Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google

Daftar kata kunci yang anda masukan sebelumnya, akan muncul di kepingan sebelah kiri, untuk mengecek kata kunci di hasil pencarian,  anda bisa  centang pada satu atau lebih kata kunci yang anda ingin cari, namun disarankan jangan centang terlalu banyak, sesuaikan juga dengan kecepatan internet yang anda gunakan sebab jikalau dicentang semuanya, akan berakibat lambatnya proses pencarian.

Setelah anda mencentang daftar kata kunci yang ingin anda ketahui posisi di hasil pencarian, silahkan tekan tombol pencarian, tombol yang bergambar beling pembesar ibarat terlihat pada gambar diatas, tunggu hingga proses selesai, jikalau anda berhasil, maka hasil pencarian akan diperlihatkan di kepingan sebelah kanan, jikalau kebetulan posisi artikel anda ditemukan di hasil pencarian, maka judul artikel anda akan ditebalkan, terlihat ibarat gambar diatas.

Pada referensi di atas, Saya menguji kata kunci "penyebab blog sepi pengunjung" dan artikel saya muncul pada posisi ke 4, coba anda lihat di sebelah kanan pada gambar di atas. Anda bisa mengecek kata kunci anda setidaknya minimal satu ahad hingga 4 ahad sekali setiap kali anda final melaksanakan meningkatkan secara optimal pada artikel blog anda.

Coba amati juga kolom posisi, ada gambar arah panah yang berwarna hijau ke atas, ada yang berwarna merah kebawah, dan ada yang berwarna bubuk lurus, warna merah mengambarkan artikel tersebut posisinya melorot ke posisi bawah, sedangkan yang berwarna hijau artinya artikel tersebut ada peningkatan posisi di hasil pencarian, artinya posisi artikel semakin baik dari sebelumnya, sedangkan yang berwarna abu-abu artinya tidak ada perubahan.

Yang harus anda prioritaskan ialah kata kuncu untuk artikel yang ditandai dengan panah berwarna merah mengarah kebawah, sedangkan panah yang  berwarna hijau yang mengarah keatas atau abu-abu jikalau belum menempati posisi terbaik bisa juga anda meningkatkan secara optimal kembali, ingat setiap kali anda final optimasi, lakukan cek ulang untuk tiap kata kunci yang anda meningkatkan secara optimal artikelnya, sehingga anda bisa memonitor, apakah ada perbaikan posisi atau malah menurun atau tetap di posisi semula.


Cara ini ialah cara yang sering saya gunakan untuk memonitor setiap kata kunci yang saya bidik, jikalau belum menempati urutan pertama maka saya akan terus optimasi  baik itu meningkatkan secara optimal seo onpage maupun meningkatkan secara optimal seo offpage, hingga mendapat posisi terbaik atau posisi pertama.

Pelajari Juga: Cara memperbaiki rangking halaman situs di hasil pencarian google

Demikian artikel sederhana perihal Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Terbaik Mengatahui Posisi Artikel Blog Di Hasil Pencarian Google"

Posting Komentar