Cara Memakai Disavow Tool Untuk Menghindari Efek Backlink Negatif

Saya yakin kalau anda pemula di dunia seo atau anda sedang mencar ilmu seo, setidaknya pernah mendengar kata disavow, namun saya yakin anda akan gundah apa itu disavow tool dan apa fungsinya, menyerupai apa yang saya alami ketika pertama kali mengenal istilah ini, disavow sebetulnya tool online yang terdapat di google webmaster tool yang sanggup membantu pemilik situs untuk memberitahukan mesin pencari google semoga menolak imbas backlink masuk yang mempunyai reputasi jelek ke situs kita.


Dulu mungkin backlink masih mengandalkan kuantitas, artinya blog yang mempunyai backlink dalam jumlah yang banyak maka kemungkinan besar sanggup menjuarai mesin pencari, tapi ketika ini tampaknya hukum tersebut sudah berubah 180 derajat, utuk problem backlink ketika ini google benar-benar memprioritaskan kualitas dibanding dengan kuantitas, artinya meskipun jumlah backlink yang dimiliki oleh sebuah blog jumlahnya banyak, kalau backlink tersebut dianggap kurang mempunyai kualitas, maka sanggup dengan gampang dikalahkan oleh blog yang mempunyai backlink sedikit namun berkualitas.

Saya yakin kalau anda pemula di dunia seo atau anda sedang mencar ilmu seo Cara Menggunakan disavow tool untuk menghindari dampak backlink negatif


Oleh alasannya itu, untuk ketika ini peranan backlink bukan hanya sanggup menaikan trafik blog saja, namun backlink juga tidak jarang justru malah sanggup menurunkan trafik blog anda, itu sanggup terjadi kalau google menganggap link yang mengarah ke situs atau blog anda dianggap sebagai link sampah dan tidak mempunyai kualitas.


Kriteria backlink yang sanggup memperburuk Kualitas SEO Blog

Ada berbagai macam-macam backlink, ada backlink yang baik dan ada juga backlink yang berdampak buruk, untuk mengenalinya sebetulnya cukup mudah, beberapa ciri backlink tidak berkualitas yang sanggup anda identitfikasi yakni sebagai berikut:
  •  Backlink yang bersumber dari blog yang tidak relevan sama sekali.
  • Backlink yang bersumber dari spam komentar.
  • Backlink yang bersumber blog luar negeri yang mempunyai bahasa berbeda 
  • Backlink yang bersumber dari blog-blog yang tidak sesuai dengan kebijakan google (seperti blog dewasa, blog jud! dan blog semacamnya). 

Terkadang masuknya backlink ke situs atau blog kita tidak sanggup kita kendalikan, ini sanggup terjadi kalau orang lain yang menyebarkan backlink untuk kita dengan alasan terntu, sehingga ini memungkinkan blog kita mempunyai link dari situs atau blog-blog yang benar-benar tidak kita harapkan, yang justru sanggup memperburuk kualitas seo, terperinci sekali dampaknya akan jelek untuk blog kita, dan sayangnya backlink tersebut akan sulit kita hapus kecuali kita meminta si pemiliki situs untuk menghapusnya.

Untuk mengatasi problem tersebut google menyediakan tool khusus yang berjulukan google disavow tool, dengan tool ini anda sanggup memperlihatkan informasi kepada mesin pencari google untuk tidak menganggap link-link yang bersumber dari blog-blog yang tidak kita harapkan yang justur sanggup memperburuk kualitas seo blog kita, alasannya kalau backlink tersebut dibiarkan kemungkinan akan memperburuk kualitas seo blog kita, menurukan traffik dan yang paling parah kalau blog sudah terkenda dampaknya maka blog akan sulit untuk recovery.

Cara Menggunakan Disaviw tool dengan Benar.

Saya harap kini anda tau ihwal fungsi tool disavow tool ini, selanjutnya yakni saya akan mengurakan cara memakai disavow tool ini, disavow tool ini penggunaannya harus hati-hati, alasannya kalau anda salah maka akan berdampak jelek untuk blog anda, pastikan bahwa url sumber backlink dimasukan di disavow tool ini yakni backlink yang mempunyai kriteria buruk.

Cara Menemukan backlink kualitas rendah pada blog anda

Langkah pertama sebelum melaksanakan disavow yakni kita harus tau backlink yang memperlihatkan imbas jelek untuk blog kita, memang untuk beberapa backlink secara manual pun sanggup kita identifikasi baik buruknya dengan melihat kritreria di atas, namun kalau jumlah backlink yang harus kita analisa sangat banyak, akan cukup merepotkan.

Cara terbaik untuk menemukan bad backlink yakni dengan proteksi tool khusus yang sanggup mengaudit setiap sumber link masuk yang menuju blog kita, salah satu tool yang cukup efektif untuk menemukan backlink yang mempunyai dampak jelek untuk blog yakni SEM RUSH.

a. Silahkan login atau lakukan pendaftaran terlebih dahulu kemudian login

b. Pada bilah hidangan sisi kiri pilih menu project > create my first project


c. Silahkan anda masukan alamat blog yang ingin anda analisa backlinknya, sekaligus dengan nama projectnya misal untuk blog saya menyerupai gambar di bawah ini:


Lalu klik tombol set up pada backlink audit



Kemudian di halaman selanjutnya, pilih root domain, kemudian tekan tombol Start backlink Audit, tunggu proses audit hingga menampilkan hasilnya.B


Di langkah selanjutnya sebelum proses link audit berlangsung, biasanya anda akan diminta untuk memasukan alamat email ke semrush ke property webmaster blog anda.
  • Silahkan login ke akun google webmaster tool blog anda, aktifkan blog yang sedang di cek di semrush
  •  Kemudian tekan tombol Roda gigi di samping kanan atas > kemudian pilih hidangan pengguna dan pemilik property


  • Kemudian di halaman selanjutnya tekan tombol "Tambahkan pengguna baru", kemudian pada obrolan tambahkan pengguna silahkan masukan  email pengguna yang diperoleh dari semrush (, terlihat menyerupai gambar di abawah ini:
 

 Silahkan kembali ke halaman semrush, silahkan ikuti langkah selanjutnya hingga selesai, anda akan melihat hasil analisa semrush, silahkan klik tab toxic untuk melihat backlink yang dianggap sanggup menurunkan trafik blog anda.


Untuk memastikan sumber backlink, anda sanggup klik setiap tautan yang ditemukan tersebut, sehingga anda tau kenapa semrush menkategorikannya sebagai toxic yang sanggup menurunkan kualitas seo blog, biasanya backlink yang dianggap toxic yakni backlink yang bersumber dari situs yang sudah expire, backlink yang bersumber dari halaman yang penuh dengan backlink, backlink dari bahasa yang tidak relevan dll.

Silahkan lakukan export hasil analisa toxic yang diperoleh dengan menekan tombol export di pojok kanan atas, hasil akan disimpan dalam format excel. 

Buka file excel hasil export, kemudian anda akan melihat kolom "source URL", kopikan isi kolom tersebut ke notepad kemudian simpan. ini untuk disavow, alasannya ketika melaksanakan disavow, akan meminta file txt.

Langkah selanjutnya yakni memproses link tersebut memakai google webmaster disavow tool.

2. Lakukan disavow memakai google disavow tool

Setelah anda menemukan link-link yang dianggap mengurangi score dan kualitas seo blog anda, langkah selanjutnya yakni melaksanakan disavow semoga link tersebut semoga imbas dari link tersebut diabaikan oleh mesin pencari google. langkah-langkahnya adalahs sebagai berikut:


a. Buka halaman google disavow tool (https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main), kemudian silahkan anda pilih alamat blog anda, kemudian tekan tombol menolak tautan


b. Pada halaman selanjutnya klik tombol menyangkal tautan


 c. Di halaman selanjutnya, silihkan anda tekan tombol "Pilih file", Pilih daftar backlink yang sudah anda simpan di file txt sebelumnya.


Lalu silahkan tekan tombol kirim, tunggu hingga berhasil.

Dengan cara di atas maka sumber backlink yang dianggap mempunyai kualitas jelek untuk blog anda, tidak akan dinilai oleh google.

Dengan adanya fitur ini benar-benar sangat membantu webmaster untuk selalu mengontrol kesehatan situsnya terutama dari sumber backlink yang bermasalah atau backlink negatif yang kalau dibiarkan justru sanggup mengurangi score seo blog.

Tapi ketika anda melaksanakan disavow sebaiknya hati-hati, jangan hingga anda salah memasukan url, alasannya kalau tidak maka sanggup berpotensi membayakan situs, selama url yang diberikan dipastikan url yang buruk, maka tidak masalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memakai Disavow Tool Untuk Menghindari Efek Backlink Negatif"

Posting Komentar