Cara Gampang Menciptakan Goresan Pena Berjalan (Marquee) Di Blog Dengan Instruksi Html

Cara Membuat pengaruh goresan pena bergerak atau berjalan di halalaman blog, baik wordpress , blogspot maupun flatform blog lainnya sebetulnya sangat gampang sekali, cukup dengan beberapa baris aba-aba perintah saja maka goresan pena berjalan sanggup anda pasang di halaman blog anda baik di bab header, footer, body sidebar atau di bab lainnya yang anda inginkan pada halaman blog anda.

Tulisan berjalan (running text) dikenal sebagai marquee, alasannya untuk menciptakan goresan pena berjalan pada halaman blog anda, perintahnya yaitu menggunakan tag marquee, aba-aba perintah ini merupakan salah satu perintah kode tag HTML untuk menciptakan goresan pena menjadi bergerak sesuai dengan yang kita inginkan.


Cara Membuat pengaruh goresan pena bergerak atau berjalan di halalaman blog Cara Praktis Membuat Tulisan Berjalan (marquee) di blog dengan Kode HTML

Ada beberapa variasi gerakan yang sanggup kita buat dengan aba-aba HTML marquee ini, ada yang goresan pena berjalan dari kiri ke kanan, berjalan dari kanan ke kiri, di ulang-ulang, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau sanggup juga kita buat goresan pena bergerak mondar mandir secara acak, bahkan kita sanggup dekorasi tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan dengan menggabungkannya dengan aba-aba CSS.

Kali ini saya akan sajikan beberapa pola aba-aba HTML untuk menciptakan goresan pena berjalan dengan banyak sekali macam variasi gerak yang sanggup anda pilih dan tempelkan pada halaman blog anda untuk menghiasi blog anda supaya lebih ramai dan menarik.

Format Kode HTML untuk Membuat Tulisan Berjalan


Format Kode html dasar untuk menciptakan goresan pena berjalan yaitu sebagai berikut:
<marquee [attribut] >sebuah text bergerak </marquee>
[attribut] sifatnya opsional (boleh disertakan boleh tidak), fungsinya untuk mengatur, mendekorasi atau memvariasikan goresan pena berjalan yang anda inginkan.

Macam-Macam Atribut Tag Marquee

Ada banyak atribut aba-aba HTML untuk tag marquee ini diantaranya adalah:
  • scrollday=angka, ini dipakai untuk mengatur delay goresan pena berjalan dalam milidetik (1/1000 detik), semakin besar angkanya maka gerakannya akan semakin lambat.
  • loop=angka | -1 | infinite, atribut loop ini dipakai supaya goresan pena terus berulang sesuai dengan hukum yang kita pilih, kalau yang dimasukan angka maka goresan pena akan bergerak berulang-ulang sesuai dengan angka yang dimasukan, kalau yang dipilih yaitu -1, maka tidak akan diulang, kalau infinite maka akan berulang-ulang terus menerus.
  • width=angka/persentase, ini dipakai untuk mengatur lebar kawasan goresan pena berjalan semakin besar angkanya akan semakin lebar
  • bgcolor=warna dalam bhasa inggris, atribut ini dipakai untuk memperlihatkan latar atau background pada goresan pena bergerak yang anda buat.
  • title=text, atribut ini dipakai supaya goresan pena berjalan saat di sentuh menggunakan mouse (mouse over) akan muncul pesan popup.
  • scrollmount=angka, atribut ini dipakai untuk mengatur kecepatan gerak tulisan, semakin besar angka yang dimasukan maka akan semakin cepat gerakannya
  • direction=left | right | up | down, atribut ini dipakai untuk mengatur arah gerakan goresan pena berjalan, sanggup pilih salah satu left, atau right atau up atau down, kalau menentukan left maka goresan pena akan berjalan ke kiri, kalau menentukan right maka goresan pena akan berjalan ke arah kanan, kalau menentukan up maka goresan pena akan berjalan ke atas dan kalau menentukan down maka goresan pena akan berjalan ke arah bawah.
  • behavior=scroll | slide | alternate, atribut ini dipakai untuk mengatur jenis prilaku gerakannya, pilih slide kalau menginginkan goresan pena bergerak berhenti dan diulangi lagi dari awal, pilih scroll jika ingin teks bergerak sekali kemudian berhenti dan diulangi lagi, pilih Alternate jika ingin teks terlihat memantul/bouncing dari ujung kembali ke ujung.
  • style=kode_css, style diisi dengan aba-aba css, jadi anda harus menguasai aba-aba css untuk menggunakan atribut ini, aba-aba css gunanya untuk mendekorasi tampilan text berjalan yang anda inginkan menyerupai mewarnai text, mewarnai latar belakang tulisan, menentukan font, menentukan format font tebal miring dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui atribut untuk aba-aba html tag marquee di atas, maka anda akan dengan gampang menciptakan text berjalan untuk halaman blog anda dengan banyak sekali macam variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

Format Penulisan Attribut pada Tag Marquee

Atribut sanggup anda masukan di dalam tag marquee lebih dari satu atribut, kalau atribut yang dimasukan lebih dari satu, maka setiap atribut yang satu dengan atribut lainnya dipisahkan dengan space, formatnya penulisannya kurang lebih akan terlihat menyerupai berikut:
<marquee atribut1='nilai_attr1'  atribut2='nilai_attr2' attribut3='nilai_attr3' attribut_n='nilai_attr_n'>text berjalan</marquee>
Nilai atribut sanggup menggunakan kutif tunggal, kutif ganda atau tanpa kutif, aksara besar dan aksara kecil tidak dibedakan.

Contoh Cara Mebuat Tulisan Berjalan dengan banyak sekali variasi

Berikut saya sajikan beberapa pola cara menciptakan goresan pena berjalan dengan beberapa variasi yang sanggup anda terapkan pada blog anda:

#1. Membuat Tulisan berjalan standar (dari kanan ke kiri)

Kode Html:
<marquee> Ini pola goresan pena berjalan</marquee>
Hasil:
Ini pola goresan pena berjalan

#2 - Tulisan berjalan dari kiri ke kanan dengan pengaruh memantul

Kode HTML:
 <marquee direction='left' behavior='alternate'> Ini pola goresan pena berjalan mondar mandir</marquee>
 Hasil:
Ini pola goresan pena berjalan mondar mandir

#3 - Tulisan Berjalan dari Kiri ke kanan

Kode HTML:
<marquee directoion='right'>Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan</marquee>
Hasil:
Ini goresan pena berjalan dari kiri ke kanan

#4 - Tulisan Berjalan dari kiri ke kanan dengan pengaruh memantul

Kode HTML:
<marquee direction='right' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari kiri ke kanan memantul

#5 - Tulisan berjalan dari atas ke bawah

Kode HTML:
<marquee direction='down'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah </marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah

#6 - Tulisan Berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

Kode HTML:
<marquee direction='down' behavior='alternate'>Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir</marquee>
Hasil:
Tulisan berjalan dari atas ke bawah mondar-mandir

#7 - Tulisan berjalan dari kiri-ke kanan memantul dengan background kuning dan warna goresan pena merah

Kode HTML:
<marquee behavior='alternate' direction='right' bgcolor='yellow' style='color:red;font-weight:bold;'>
Hasil:
Tulisan berjalan berlatar kuning dengan warna goresan pena merah

#8 - Tulisan berjalan dengan gerak acak

Kode HTML:
<center><marquee direction="up" scrollamount="2" align="center" behavior="alternate" width="90%"><marquee direction="right" behavior="alternate"> Contoh Tulisan Berjalan </marquee></marquee></center>
Hasil:
Contoh Tulisan Berjalan

Kunci Penting Membuat Tulisan Berjalan

Sebenarnya untuk menciptakan goresan pena berjalan apapun jenis dan variasinya sangatlah mudah, apa yang harus anda pahami yaitu aba-aba berupa tag HTML untuk menciptakan goresan pena berjalan ayitu tag marquee, dan atribut yang sanggup dipakai oleh tag html marquee tersebut, menyerupai yang sudah disebutkan di atas, dengan mengkombinasikan antara goresan pena berjalan dan juga atribut yang sudah ditentukan maka anda sanggup menciptakan goresan pena berjalan sesuai dengan kreatifitas anda. silahkan bereksperimen sendiri dengan melibatkan atribut-atribut lainnya.

Bagaimana cara Menerapkan (memasang) goresan pena berjalan pada halaman blog anda?

Untuk memasang goresan pena berjalan pada halaman blog anda bukanlah kasus yang sulit, caranya sangatlah gampang sekali, ada dua cara yang sanggup anda gunakan, yang pertama sanggup melalui editor artikel yang anda buat dan yang kedua sanggup melalui widget.

Melalui Artikel

Jika anda ingin memasang goresan pena berjalan hanya untuk beberapa artikel saja, maka langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Saat anda sedang menciptakan artikel, masuk ke mode HTML
  • Kopikan salah satu aba-aba HTML goresan pena berjalan di atas pada bab artikel yang anda ingin goresan pena bergerak tersebut muncul
  • Simpan artikel anda kemudian silahkan review untuk melihat akibatnya sebelum dipublish

Melalui Widget

Kode HTML untuk goresan pena berjalan juga sanggup anda pasang melalui widget blog, langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke halaman utama akun blog anda
  • Pada bilah sajian sisi kiri, pilih sajian pilih sajian tata letak / layout
  • Klik link tambahkan gadget yang ada, di bab yang anda ingin goresan pena berjalan muncul
  • Lalu pilih widget HTML/Javascript, kemudian kopikan salah satu aba-aba di atas, kemudian tekan tombol simpan
Dengan cara di atas goresan pena berjalan yang anda inginkan akan muncul di bab widget yang anga tambahkan, silahkan dicoba.

Artikel menarik lainnya:
Cara menciptakan goresan pena terbalik

Itulah tutorial wacana bagaimana cara menciptakan goresan pena berjalan untuk halaman blog anda, silahkan bereksperimen sendiri untuk menciptakan goresan pena berjalan sesuai dengan yang anda inginkan, aba-aba untuk menciptakan goresan pena berjalan yaitu aba-aba HTML standar, jadi anda sanggup memasang aba-aba HTML untuk goresan pena berjalan apapun flatform blognya, baik blogspot, wordpress dan blog lainnya. selamat mencoba. dan semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Goresan Pena Berjalan (Marquee) Di Blog Dengan Instruksi Html"

Posting Komentar