Cara Gampang Menambahkan Gadget / Widget Pada Blog : Khusus Pemula

Jika anda mempunyai sebuah blog setidaknya anda sempat berfikir mengenai bagaimana cara untuk menghias dan mempercantik blog tersebut sehingga blognya kelihatan menarik, ibarat contohnya menambahkan pengaruh animasi, gambar, akomodasi khusus dan lain sebagainya.

Untuk membantu dan memudahkan keperluan modifikasi halaman blog, biasanya flatform blog baik itu blogger, wordpress maupun flatrofm blog lainnya  menyediakan sebuah fitur khusus yang disebut sebagai widget atau gadget yang sanggup dibongkar pasang dengan mudah.

Gadget / widget biasanya dibentuk memakai isyarat HTML/ javscript atau flash yang fungsinya selain untuk mempercantik halaman web / blog, juga berfungsi untuk memudahkan pengguna menambahkan fitur-fitur tertentu pada halaman blognya sesuai dengan yang diinginkan.

Di blog berfaltform blogspot, beberapa widget penting yang yang sanggup membantu meningkatkan gosip dan navigasi sebuah halaman blog, memang sebagian sudah disediakan dan siap dipakai (siap pakai) secara gratis seasuai keperluan.

Beberapa widget yang sudah build-in / bawaan dan siap dipakai diantaranya adalah:

  • Widget/gadget popular post, yang sanggup dipasang untuk menampilkan daftar judul-judul postingan yang sering dibaca pengunjung,
  • Gadget/widget arsip blog, yang sanggup dipasang di halaman blog untuk menampilkan daftar postingan yang sudah terbit sesuai dengan kurun waktu.
  • Widget/ gadget pencarian, yang sanggup dipasang untuk menampilkan akomodasi pencarian yang sanggup membantu pengunjung menemukan artikel pada blog anda yang mereka inginkan 
  • Widget/gadet label, yang sanggup menampilkan daftar kategori / label setiap postingan
  • Widget HTML/Javascript, widget ini sanggup dipakai oleh pengunjung untuk memasang isyarat widget buatan sendiri dalam format html/javascript
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya...

Selain widget-widget bawaan, pengguna juga sanggup dengan gampang menambahkan isyarat widget buatannya sendiri dengan memakai widget HTML/ Javascript, sehingga jikalau pengguna ingin menampilkan fasiltias khusus pada blognya ibarat contohnya widget animasi, widget kalender, jam dll, maka pengguna sanggup memakai widget HTML/javascript untuk memasukan isyarat widget yang mereka inginkan.


Cara gampang menambahkan gadget/widget pada halaman blog

Untuk menambahkan widget pada halaman blog bahwasanya sangat gampang sekali, Namun sayangnya tidak semua blog tau caranya terutama untuk anda yang kebetulan gres mengenal dunia blog.

Oleh alasannya itu di artikel kali ini saya akan uraikan secara singkat bagaimana cara menambahkan widget pada blog berflatform blogspot sehingga anda sanggup memodifikasi tampilan halaman blog yang anda miliki sesuai dengan yang anda inginkan.

Langkah-langkah menambahkan widget / gadget pada halaman blog yaitu sebagai berikut:

1. Silahkan login ke akun blog anda, kemudian pilih blog anda.

2. Pada bilah hidangan sisi kiri, silahkan pilih menu tata letak / layout untuk menampilkan layout halaman situs / blog anda.

Anda akan melihat layout halaman situs anda, kurang lebih ibarat gambar di bawah ini:

 Jika anda mempunyai sebuah blog setidaknya anda sempat berfikir mengenai bagaimana cara un Cara gampang menambahkan gadget / widget pada blog : khusus pemula


3. Untuk menambahkan widget / gadget gres pada halaman blog anda, silahkan tekan pada goresan pena Tambah gadget / add widget, sesuai dimana anda ingin meletakan widget tersebut.
(catatan: tampilan di blog anda mungkin saja berbeda sesuai dengan jenis template blog yang anda gunakan).

Maka akan keluar tampilan ibarat gambar di bawah ini:

 Jika anda mempunyai sebuah blog setidaknya anda sempat berfikir mengenai bagaimana cara un Cara gampang menambahkan gadget / widget pada blog : khusus pemula

4. Silahkan pilih widget yang ingin anda tampilkan di halaman blog anda, dengan menekan tombol biru bergambar tambah.

Selanjutnya anda akan disajikan halaman pengaturan untuk mengatur dan menyesuaikan widget yang anda pilih, silahkan ikuti saja, kemudian tekan tombol OK jikalau pengaturan sudah selesai.

Cara Menambahkan widget Khusus pada blog

Perlu diketahui bahwa tidak semua widget yang anda inginkan sudah disediakan oleh blogspot, oleh alasannya itu selain anda sanggup memakai widget-widget bawaan yang sudah disediakan oleh blog berflatform blogspot, anda juga sanggup menambahkan widget khusus buatan anda sendiri/ orang lain yang tidak disediakan oleh blog.

Jika anda ingin menambahkan isyarat widget buatan anda sendiri makan anda sanggup menentukan widget HTML/ Javascript, untuk memasukan isyarat widget anda.

Ketika anda menambahkan widget, pilih widget html/javascript, tampilan widget html/javascript terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Anda akan diminta untuk memasukan judul widget (boleh tidak diisi), dan juga isyarat widget, silahkan masukan judul widget anda, kemudian paste / masukan isyarat widget anda di bab isian konten, kemudian tekan simpan.

Jika berhasil tampilan isyarat widget anda akan muncul di halaman blog anda, sesuai dengan peruntukan widget tersebut.

Bagaimana saya sanggup mendapat isyarat widget?

Tentunya untuk menciptakan isyarat widget sendiri tidaklah mudah, setidaknya anda harus memahami bahasa pemrogramana web, baik itu html maupun javascript, jikalau anda tidak sanggup membuatnya maka anda sanggup mendapat isyarat widget yang sudah dibentuk oleh orang lain.

Saat ini ada banyak sekali banyak sekali macam isyarat widget yang sudah dishare  oleh blogger berpengalaman, kiprah anda hanyalah melaksanakan pencarian dengan mesin pencari google sesuai dengan kata kunci widget yang anda inginkan, isyarat widget yang sudah anda dapatkan sanggup anda pasang dengan memakai widget HTML/Javascript.


Demikian artikel mengenai  Cara gampang menambahkan gadget / widget pada blog : khusus pemula, biar membantu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Menambahkan Gadget / Widget Pada Blog : Khusus Pemula"

Posting Komentar