4 Macam Keamanan Blogspot Yang Harus Anda Perhatikan

Awal mula saya menciptakan blog bekerjsama hanyalah untuk iseng, coba-coba dan tanpa tujuan yang jelas, namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada alhasil sedikit mengerti apa yang bekerjsama harus disajikan di blog, dari mulai bagaimana harus merangkai kata sehingga menjadi goresan pena yang setidaknya sanggup dipahami oleh orang lain, hingga mengenal bagaimana teknik meningkatkan secara optimal mesin pencari yang diperoleh dari blogger-blogger yang lebih  berpengalaman, sehingga memungkinkan blog dan artikel blog lebih gampang ditemukan oleh mesin pencari.

Satu hal yang di awal barangkali tidak pernah saya fikirkan sebelumnya yaitu saya tidak pernah sama sekali mempedulikan ihwal sisi kemanan blog, alhasil seiring bertambahnya usia blog alhasil saya dikejutkan dengan banyaknya menemukan hal-hal yang menciptakan saya jengkel, di satu ketika tanpa sengaja saya menemukan hampir semua artikel salah satu blog saya di-copy paste (baca: di copas orang) tampa sama sekali menyertakan link sumber aslinya, bahkan ada beberapa diaantaranya melaksanakan duplikasi dengan teknik auto blog, yang menimbulkan setiap kali saya menciptakan postingan maka postingan saya seperti muncul di blog milik orang lain.

# KEAMANAN BLOG YANG HARUS ANDA PERHATIKAN #

Berawal dari banyaknya yang melaksanakan copy paste artikel blog, saya mulai menyadari bahwa keamanan blog itu sangat penting,  alasannya yakni copy paste sanggup mengakibatkan duplikat konten di mana-mana, dan sehabis saya tau ternyata duplikat konten akan sangat merugikan blog si pemilik artikel aslinya, bahkan disinyalir sanggup menurunkan peringkat blog di hasil pencarian, apalagi usia blog saya pada waktu itu masih sanggup dibilang sangat baru, tentu saja kalau blog si copaser yakni blog yang sudah punya populriatas dan sudah berusia tentu artikel akan kalah bersaing.

Meskipun dari sisi hosting dan server blog berflatform blogspot sangat kondusif alasannya yakni dikelola oleh si empunya google, namun blog berflatform blogspot masih mempunyai celah kelemahan yang sanggup di salahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, tanpa sadar kalau dibiarkan akan sangat merugikan kegiatan blogging anda.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan menyangkut sisi kemanan blog khususnya untuk blogger pemula yang sama sekali belum mengetahui sisi kelemahan blog ber flatform blogspot:

#1. Batasi Akses RSS Feed Blog Anda

RSS Feed merupakan singkatan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari pengertiannya RSS yakni sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang ketika ini sudah banyak dipakai situs web informasi dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS tersebut (wikipedia).

Untuk ketika ini blog berflatform blogspot sudah menggenerate rss secara otomatis, setiap artikel yang anda buat maka secara otomatis akan ikut menggenerate rss feed blog anda, untuk mengetahui rss feed blog anda, anda sanggup mengakses dengan alaman:
nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml

Anda akan melihat halaman rss feed blog anda yang berisi artikel secara keseluruhan yang anda sajikan pada blog anda sesuai dengan apa yang anda tulis. alasannya yakni rss feed blog defaulnya yakni terbuka sehingga anda harus membatasinya.

Kenapa RSS Feed blog harus dibatasi ?

Jika anda mengakses rss feed blog anda, kemudian rss feed menyajikan isi artikel anda secara utuh itu artinya Rss feed blog anda masih dalam keadaan terbuka, RSS feed yang dibiarkan terbuka menyerupai itu bisa  dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk  menyadap rss feed blog anda (lebih dikenal dengan teknik auto blog), sehingga setiap kali anda menerbitkan artikel gres pada blog anda maka artikel tersebut akan ikut juga terbit di blog yang menyadapnya, Oleh alasannya yakni itu anda harus menutup jalan masuk rss feed blog anda semoga tidak gampang orang lain menyadap artikel anda secara sembarangan.

Cara Membatasai Akses RSS Feed Blog Menjadi Singkat.

Jika rss feed blog anda diketahui masih terbuka maka untuk meminimalisir tindakan autoblog yang sangat merugikan,anda harus membatasinya, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda

b. Pada bilah sajian sisi kiri pilih menu stelan > lainnya, terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

 namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada a 4 Macam Keamanan Blogspot yang Harus Anda Perhatikan


c. Silahkan atur Izin Umpan blog menjadi "singkat", kalau sudah silahkan "simpan Setelan"

d. Sekarang silahkan buktikan cek kembali rss feed blog anda, dengan perintah: nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml  misal:/rss.xml

anda akan melihat daftar artikel yang anda tulis di blog anda pada halaman rss feed, namun isi setiap artikel terlihat disingkat dan pendek-pendek, kalau anda sudah melihat artikel pada rss feed sudah disingkat dan pendek berarti anda sudah berhasil menyingkat rss feed blog anda.

Silahkan pelajari: Cara memperpendek rss feed untuk keamanan blog anda

dengan memperpendek rss feed pencurian artikel melalui penyadapan rss feed sanggup diminimalisir, meskipn ada orang dengan terpaksa masih melaksanakan penyadapan terhadap rss feed blog anda, mereka hanya akan menerbitkan konten yang sangat singkat sesuai yang terlihat di rss feed blog anda.
 

#2. Pasang isyarat anti Copy-Paste untuk melindungi artikel anda.

Pernahkah anda dikejutkan dengan menemukan beberapa judul artikel anda dihasil pencarian google namun bukan dari blog anda?, saya yakin anda niscaya kesal, hal tersebut terjadi alasannya yakni tindakan dari tukang copy paste (si pencuri artikel) yang seenaknya melaksanakan copy paste artikel anda tanpa izin kemudian menerbitkannya pada blog mereka tanpa menyertakan backlink sama sekali ke artikel aslinya.

Tindakan copy paste sanggup menimbulkan dupikat konten yang kurang baik untuk blog, kalau dibiarkan maka lambat laun posisi artikel dihasil pencarian akan menurun dan sulit untuk bersaing, semakin banyak duplikat konten maka akan memperburuk artikel blog anda di hasil pencarian apalagi usia blog anda masih sangat gres dan belum cukup populer.

Beberapa blogger terkadang tidak mempedulikan tindakan copy paste pada blognya, sanggup saja anda juga menyerupai itu kalau blog anda benar-banar sudah sangat populer, berusia dan mempunyai otoritas yang baik dihasil pencarian google, sehingga kemungkinan besar artikel blog anda masih sanggup mengalahkan posisi artikel copy-paste di hasil pencarian google, namun kalau blog anda masih sangat muda dan belum cukup terkenal sebaiknya tindakan copy paste terhadap artikel sanggup anda minamilir dengan cara memasang isyarat anti copi-paste pada blog anda.

Artikel terkait: Cara melaporkan pencurian artikel ke google DMCA

#3. Moderasi Komentar blog anda

Yang ketiga yang tidak kalah penting yakni moderasi komentar, kalau anda memberlakukan komentar pada blog anda, sebaiknya anda memberlakukan moderasi komentar, tujuannya yakni semoga anda sanggup memilih mana komentar yang pantas terbit dan mana komentar yang pantas dikategorikan sbagai komentar spam.

Sebuah komentar dianggap komentar spam kalau isi komentar sedikitpun tidak ada sangkut pautnya dengan isi artikel yang dibahas, atau komentar hanya sekedar basa busuk atau komentar yang isinya selalu sama antar kometar yang satu dengan komentar lainnya tanpa sedikitpun mempunyai relevansi.

Banyaknya komentar spam akan mengaburkan isi konten yang awalnya berkualitas menjadi tidak berkualitas, semakin banyak komentar spam yang terdapat pada suatu blog maka kualitas blog tersebut akan semakin memburuk  dan kemungkinan besar bisa  dianggap sebagai blog spam yang konsekuensinya blog sanggup dihapus google alasannya yakni dianggap blog sampah.

Blog tanpa moderasi komentar akan mempermudah para spammer menanam backlink atau link aktif di komentar tanpa memperhatikan relevansi sama sekali. oleh alasannya yakni itu moderasi komentar sebaiknya diaktifkan untuk meminimalisir spamer lebih leluasa mengeksploitasi blog anda melalui komentar spam.

Cara mengaktifkan moderasi komentar pada blog

Untuk mengaktifkan moderasi kometar pada blog berflatform blogspot langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman utama akun blogspot anda, kemudian pilih blog anda

b.  Pada bilah sajian sisi kiri, pilih sajian setelan > Pos dan Komentar menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:
 namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada a 4 Macam Keamanan Blogspot yang Harus Anda Perhatikan

c. Silahkan pilih Selalu pada moderasi komentar kemudian simpan setelan anda.

Dengan mengaktifkan pilihan selalu maka setiap komentar masuk pada blog anda akan melalui tahapan moderasi terlebih dahulu untuk menerbitkan komentar tersebut.

#4. Hati-Hati Malware pada blog anda

dari sisi server side blog berflatform blogspot sanggup dibilang kondusif alasannya yakni masih dibawah pengelolaan blogger yang sangat profesional, namun bukan berarti blog anda kondusif sepenuhnya terkadang alasannya yakni kurangnya pengalaman dari pihak admin serta alasannya yakni faktor keteledoran kemungkinan besar blog sanggup mengandung malware.

Blog tersebut sanggup mengandung malware kemungkinan besar sanggup bersumber dari plugin blog yang anda pasang, atau sanggup jadi bersumber dari template blog hasil download yang anda gunakan yang sebelumnya sudah mengandung malware didalamnya, sehingga ketika anda gunakan secara otomatis blog tersebut akan terindikasi mengandung malware, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:

 namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada a 4 Macam Keamanan Blogspot yang Harus Anda Perhatikan
 

Cara Mengatasi Malware pada blog

Malware pada blog kalau dibiarkan tentu saja akan menurunkan ranking pencarian google, untuk mengatasi malware pada blog anda harus menyelidiki kembali isyarat template blog dan berusaha menemukan dan menghapus isyarat template blog yang dianggap sangat aneh, atau kalau anda tidak hebat mengusai isyarat template blog anda sanggup mengganti template blog anda dengan template yang higienis dan terpercaya.

Berikut langkah-langkah untuk mengatasi malware pada blog:
a.  Temukan isyarat malware atau ganti template blog anda.

b. Sekarang masuk ke akun webmaster tool blog anda

c. Jika blog anda mengandung malware maka akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini pada daftar blog di webmaster tool:

 namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada a 4 Macam Keamanan Blogspot yang Harus Anda Perhatikan
d. Silahkan anda klik pada alamat blog yang ada icon peringatan menyerupai diatas. kemudian pilih "request Review", atur menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:

 namun seiring waktu dan semakin banyaknya membaca rujukan ihwal dunia blogging pada a 4 Macam Keamanan Blogspot yang Harus Anda Perhatikan

e. Silahkan tekan tombol ok kalau sudah selesai, google akan melaksanakan review tunggu 2x24 jam, kalau terbukti blog sudah tidak mengandung malware, maka blacklist malware untuk blog tersebut akan hilang.


Dengan memperhatikan keamanan blog anda setidaknya sanggup meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang sanggup terjadi pada blog anda, sehingga blog anda berpeluang untuk menjadi terkenal dan berumur panjang.

Demikian artikel tentang 4 Keamanan Blogspot yang Wajib Anda Perhatikan, semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Macam Keamanan Blogspot Yang Harus Anda Perhatikan"

Posting Komentar