Sensasi Gila Dalam Badan Manusia

Meski terkesan sepele, terkadang tubuh kita sering mencicipi sesuatu rasa/ Bahkan ‘sensasi’ yang terkesan asing ibarat mulai merinding sampai Deja vu.


Lantas, bergotong-royong apa yang terjadi dalam tubuh Anda? Simak ulasan berikut ini yang telah dikutip dari banyak sekali sumber.

Merinding
Di tengah udara dingin, atau bila kits berada di ruang bawah tanah yang pengap, bekas penjara zaman Jepang pins, hiiiii, niscaya bangun si bulu roma. Merinding disebabkan oleh hormon stres adrenalin yang dilepaskan ketika kita hirau taacuh atau takut.

Adrenalin mendorong otot-otot kecil yang menempel pada rambut, sehingga meregang. Merinding sejatinya merupakan prosedur pertahanan pads ketika nenek moyang kita masih mempunyai banyak rambut di tubuh. Berdirinya rambut itu membantu nenek moyang tetap merasa hangat, dan juga tampak mengerikan kalau bertemu musuh.

Bau badan
Setiap mamalia mempunyai aroma tubuh unik, yang ditentukan oleh faktor genetik. Itu artinya di dunia ini tak orang lain yang amis badannya sama ibarat BB Anda, kecuaii Anda kembar identik. Pola makan juga ikut memengaruhi amis badan, tetapi tidak bisa benar-benar mengubahnya dari keaslian amis khas Anda.

Bau kaki
Satu kaki kita saja punya lebih dari 250 ribu kelenjar keringat, yang memproduksi hampir satu galon keringat per minggu. Bila kita berkeringat, otomatis akan menarik kuman di kulit. Bakteri-bakteri itu akan berpesta menyantap keringat dan muncullah amis tak sedap.
Bau kaki itu lantaran sepatu dan kaus kaki. Kalau kaki selalu tertutup, amis tak bisa menguap. Jadi, tidak salah kalau kaki menguarkan amis tak sedap.

Deja vu
Perasaan asing ini mungkin kerap Anda alami, serasa pernah bertemu seseorang yang gres ditemui, berada di suatu tempat, atau melaksanakan sesuatu yang sama sebelumnya, meski barangkali Anda belum pernah mengalaminya. Sensasi ini sulit dipelajari lantaran terjadi secara acak, tanpa tanda-tanda, dan biasanya hanya berlangsung 10-30 detik.

Sejumlah teori mengaitkan ini dengan suatu kepingan di otak yang memproses memori jangka panjang. Terjadinya penundaan koneksi antara memori dan pengenalan objek atau kejadian bisa menjelaskan ihwal deja vu.

Kaki kram
Bagi yang pernah mengalami kram di kaki, wah betapa menyakitkan. Rasanya ibarat otot-otot diikat membentuk simpul-simpul ketat atau serasa diperas. Penyebab kram paling umum ialah kehilangan cairan tubuh atau ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Mineral natrium, kalium, dan kalsium berperan dalam menggerakkan otot-otot. Jika ada dari mineral tersebut yang kurang atau berlebihan, atau dehidrasi, gerakan otot jadi terganggu, dan terjadilah kram.

Cegukan
Entah dari mana datangnya, cegukan selalu tiba-tiba datangnya dan sulit dihentikan. Kontraksi di area diafragma menjadikan pity soars mendadak menutup dap melahirkan suara “hik!”

Yang bisa memicu cegukan di antaranya makan banyak, konsumsi alkohol atau minuman bersoda, stres, serta kegembiraan yang tiba-tiba.

Untung cegukan biasanya hanya berlangsung sebentar, meski Guinness Book of World Records mencatat, cegukan terlama dialami Charles Osborne, yakni sekitar 68 tahun.

Alam mimpi
Asyiknya berdansa dengan Johnny Depp, atau serunya laga melawan preman, mengemudikan pesawat di ketika darurat, tetap saja tidak mengusik raga kita yang meringkuk di kasur.

Pasalnya, semua itu hanya mimpi. Kala Anda memasuki fase tidur REM, mimpi sering terjadi, otak membalik saklar biokimia, sehingga tubuh menghalangi kemampuan otak untuk memerintahkan otot-otot bergerak.

Jika saklar itu tidak membalik, justru bisa celaka lantaran kita akan tertawa-tawa, berjalan-jalan, atau malah keluar rumah menuntun sepeda sambil tidur.

Menguap
Mungkin Anda pernah ketularan menguap; beberapa ketika sesudah teman kantor di sebelah Anda menguap? Menguap ternyata sudah mulai dilakukan semenjak insan ada dalam kandungan. Sebuah riset menjumpai, ada janin usia 11 ahad yang menguap.

Namun para hebat tidak tahu persis mengapa menguap bisa menular. Ada yang menduga ini merupakan tanda tenggang rasa dan membantu memelihara ikatan antarmanusia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sensasi Gila Dalam Badan Manusia"

Posting Komentar