Tips Memilih Tas Gunung Berdasarkan Postur Tubuh



Tips Memilih Tas Gunung Berdasarkan Postur Tubuh


Saat Anda akan hiking, memiliki tas gunung adalah suatu kewajiban. Anda perlu tempat untuk menyimpan senter, tenda, dan peralatan lain untuk naik gunung. Semakin besar tas yang Anda pakai, semakin banyak kapasitasnya. Apakah Anda sudah merasa bahwa tas carrier itu cocok dengan postur tubuh? Ini cara memilih tas gunung berdasarkan postur Anda.

1. Tubuh Mungil

Anda punya tubuh yang kecil-mungil tapi memiliki hobi menaklukkan gunung? Kecil-kecil cabe rawit! Walau berpostur tak terlalu tinggi, masih ada banyak pilihan tas rucksack yang tepat untuk Anda.  Pilihlah tas rucksack yang tingginya 38 sampai 45 cm, agar Anda tidak terlihat ‘tenggelam’ saat memanggulnya.

Tas rucksack yang kapasitasnya mencapai 23 liter hingga 45 liter cocok untuk Anda bawa sebagai teman saat naik gunung. Tas ini ukurannya tidak terlalu lebar, sehingga cocok digunakan untuk tubuh Anda yang berukuran kecil. Jika barang bawaan Anda masih ada yang belum termuat dalam tas, titipkan saja ke dalam rucksack milik teman Anda.

Tas punggung yang dibawa saat naik gunung biasanya memuat banyak sekali barang, misalnya korek api, tenda, sleeping bag, dan lain-lain. Dengan bawaan seberat itu, Anda bisa kelelahan saat memanggulnya. Solusinya, pilih tas berteknologi aerovoid v system backsystem sehingga berasa lebih enteng saat dipakai.

2. Tubuh Sedang

Apakah tinggi Anda tidak sampai 175 cm? Orang bertinggi sedang cocok memakai tas rucksack yang tingginya 44-50 cm. Bisa saja Anda memanggul tas yang lebih tinggi, tapi tinggi tas akan mengungguli tinggi kepala Anda. Jadi, lebih baik cari tas gunung yang sesuai dengan postur tubuh.
Tas berkapasitas 45 sampai 55 liter bisa Anda pilih untuk berpetualang di puncak gunung. Kapasitas tas sudah cukup untuk membawa segala keperluan Anda saat akan naik gunung. Anda tak perlu bingung untuk mencari tempat baterai cadangan, senter, dan juga topi kupluk.

3. Tubuh Gemuk

Walau bertubuh gemuk, tak ada yang melarang Anda untuk naik gunung. Olahraga hiking malah membuat tubuh Anda sehat dan diharapkan berat badannya berkurang. Pilihlah tas rucksack yang cukup lebar dan panjangnya mencapai 60 cm. Anda bisa membawa banyak barang untuk keperluan camping di atas gunung.

Tas yang memiliki banyak kantong dan kompartemen juga cocok untuk dibawa hiking. Banyaknya kantong membuat Anda bisa menyimpan keperluan yang mudah dijangkau di kantong luar, seperti senter dan baterai cadangan. Anda tak perlu merogoh-rogoh ke bagian dalam tas, hanya untuk mencari GPS.

4. Tubuh Tinggi

Anda yang memiliki tubuh tinggi cocok sekali jika memakai tas rucksack yang panjangnya mencapai 60 cm. Jangan beli tas yang ukurannya terlalu kecil, karena akan tampak janggal. Tas yang sedang dan besar lebih cocok untuk diajak naik gunung. Selain itu, tas yang terlalu kecil juga tidak bisa memuat berbagai barang bawaan Anda.

Pilih tas yang ukurannya cukup lebar sehingga cocok dikenakan untuk Anda. Tas rucksack dengan fasilitas bantalan bahu juga nyaman untuk dibawa naik gunung. Punggung dan bahu Anda tidak akan terasa pegal, walaupun memanggul beban tas yang cukup berat. Pilihlah tas rucksack dengan kualitas dan harga yang terbaik.

Memilih tas gunung berdasarkan postur dan tinggi badan memang gampang-gampang susah. Jika Anda bertubuh kecil-mungil, jangan memaksakan diri untuk membeli tas rucksack yang tingginya mecapai 60 cm. Anda akan terlihat ‘tenggelam’ oleh besarnya tas tersebut. Pilihlah tas rucksack ternyaman, sesuai dengan postur badan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Tas Gunung Berdasarkan Postur Tubuh"

Posting Komentar