Membuat Animasi Beling Pembesar Dengan Adobe Flash

Hai Sobat....
Tak terasa sudah satu tahun lebih penulis vakum menuliskan artikel pada laman ini. Artikel yang pertama ini  membahas mengenai topik mencar ilmu menciptakan animasi beling pembesar memakai software Adobe Flash. Semoga topik ini sanggup menjadi awal yang baik biar penulis sanggup menuliskan artikel-artikel yang lain di lain waktu.

Okay, Let's get back to the topic..
Kaca pembesar atau biasa juga disebut dengan lup merupakan alat untuk melihat obyek kecil biar tampak lebih besar dari ukuran normal. Nah, animasi 2D memakai software Adobe Flash memperlihatkan kemudahan masking untuk mendukung pembuatan animasi beling pembesar. Berikut ini merupakan pola dan langkah-langkah pembuatannya.

  1. Bukalah file gres memakai aktivitas adobe flash, versi bebas (penulis memakai Adobe Flash CS3), pilih action script 2.0 atau 3.0 (bebas, belum masuk script).
  2. Buatlah 5 layer dengan susunan dari bawah ke atas sebagai berikut: teks kecil (Layer 1), Lup 2 (Layer 2), Teks Besar (Layer 3), Lup 1 (Layer 4), dan efek lensa (Layer 5).
  3. Klik frame 1 layer teks kecil, buatlah tulisan. Klik kanan pada frame 40, pilih insert frame.

  4. Frame 1 Layer teks besar berisi goresan pena yang sama dan tempatnya juga sama, tetapi ukuran goresan pena lebih besar dari teks kecil. Copy teks Animasi Lup. Klik pada Frame 1 layer teks besar, pilih sajian edit, Paste in Place (Ctrl+Shift+V). Besarkan teks sambil menekan tombol shift supaya beraturan. Klik kanan frame 40, pilih Insert frame. Sekarang terdapat 2 teks yang bertumpuk. Untuk melihat hasil teks besar, klik hide pada layer teks kecil.


  5. Sekarang mulai pembuatan lup. Klik pada Frame 1 Layer lup 1. Buatlah obyek bundar yang menutupi teks besar (seperti pada gambar). Untuk pewarnaan lingkaran, lihat pada gambar.


  6. Copy bundar tersebut ke layer lup 2 dan layer imbas lensa frame 1. Untuk menampilkan hasil copy pada daerah yang sama gunakan Ctrl+Shift+V.
  7. Klik kembali obyek bundar pada Layer lup 1. Tekan F8 dan ubah menjadi simbol grafik. Klik kanan frame 40, pilih Insert key frame (F6).
  8. Selanjutnya kita akan menciptakan bundar berjalan lurus ke sebelah kanan dengan cara geser bundar (sambil menekan shift) ke kanan hingga pada teks terakhir. Klik kanan di antara frame 1 dan 40, pilih Create Motion Tween.


  9. Klik kanan layer lup 1, pilih mask. Hasilnya tampak pada gambar


  10. Hilangkan tanda lock (gembok) pada layer lup 1 dan teks besar. Klik frame 1 layer lup 2. Besarkan bundar sambil menekan Shift hingga lebih besar sedikit dari pada bundar lup 1. Tambahkan pegangan lup (masih pada layer lup 2 frame 1). Ubah Obyek Lup (lingkaran+pegangan) menjadi simbol graphic dengan cara klik kedua objek dan tekan f8.


  11. Sekarang kita tambahkan animasi motion tween pada simbol lup. Klik kanan pada frame 40 layer Lup 2, pilih Insert Keyframe. Geser lup hingga teks paling kanan sambil menekan shift. Berilah animasi motion tween. tekan hide pada layer lup 1, untuk melihat hasil lup 2. Sampai langkah ini, pembuatan lup sudah berhasil. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi.


  12. Terakhir berikan imbas lensa. Klik bundar pada layer imbas lensa. Ubah menjadi simbol graphic. Pada bab properties pilih color Alpha. Ubah tingkatan alpha menjadi 25%. Beri animasi motion tween menyerupai pada langkah 10.


  13. Jalankan animasi dengan menekan tombol ctrl+Enter.
Klik link dibawah ini untuk mengunduh modul ( file pdf), dan file animasinya (file fla):
Modul Animasi Kaca Pembesar
File Animasi Kaca Pembesar

Demikianlah tutorial cara menciptakan animasi beling pembesar, semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda masih galau atau terdapat langkah yang kurang jelas, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Penulis dengan bahagia hati mendapatkan pertanyaan, kritik, maupun saran yang membangun.  
Selamat Berkarya...
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Animasi Beling Pembesar Dengan Adobe Flash"

Posting Komentar