Struktur Html Dan Fungsinya


Suatu dokumen html harus memuat struktur tersebut (lihat denah di atas). Bagian-bagian struktur tersebut mempunyai fungsi masing-masing:
  1. html
    <html> (tag html) merupakan tag pembuka html yaitu awal dari dokumen html. html selalu mempunyai tag pembuka dan tag penutup. Tag epilog html yaitu </html> yang merupakan simpulan dari dokumen html.

  2. head
    <head> merupakan tag daerah meletakkan info header. Pada tag ini terletak tag title, tag info web: meta, tag link dengan dokumen bahasa pemrograman lain menyerupai css, javascript, php, dll. Tag head ini juga mempunyai tag penutup, yaitu </head>.

  3. title
    <title> merupakan tag untuk mendefinisikan judul web. Tag ini juga mempunyai tag penutup, yaitu </title>.

  4. body
    <body> merupakan tag sebagai daerah untuk meletakkan seluruh isi web. Tag epilog dari tag ini yaitu </body>. Seluruh isi web yang akan dibentuk dikerjakan di dalam tag body, yaitu antara tag pembuka dan tag penutupnya.
Setelah meliputi seluruh bab struktur tersebut, langkah selanjutnya yaitu menyimpan file tersebut dengan type .html, misalnya: pertama.html. Setelah disimpan jalankan file di web browser. Judul web tampak pada bab tab, sedangkan seluruh isi body ditunjukkan pada bab isi web. Inilah hasilnya:


Ok sobat, sekian dulu klarifikasi dari saya. Terimakasih telah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk saran dan kritik yang membangun atau apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Kita sama-sama berguru sobat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Html Dan Fungsinya"

Posting Komentar