Menterjemahkan Bahasa Inggris-Indonesia Memakai Google Translate

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menerjemahkan teks atau dokumen yang berbahasa Inggris menjadi teks bahasa Indonesia. Aplikasi yang sanggup dipakai untuk melaksanakan translate dengan kualitas hasil yang tidak mengecewakan anggun berdasarkan saya yakni dengan memakai Google Translate.

Alasan memakai Perangkat Google Translate yakni hasil terjemahan sudah tidak mengecewakan bagus. Bagus yang dimaksud yakni apabila Anda sanggup menggunakannya dengan baik. Selain google translate, kemudahan translate online kebanyakan mempunyai kualitas hasil sama dengan google translate.

Ada  beberapa tips anggun untuk melaksanakan translate memakai google translate biar mendapat hasil yang bagus. Pertama, Usahakan teks tidak terputus dalam 1 kalimat. Teks yang terputus dalam 1 kalimat menyebabkan hasil translate tidak sempurna. Kedua, untuk jumlah teks yang sedikit, gunakan cara no 1, sedangkan untuk jumlah teks yang banyak gunakan cara no 2. Ketiga, hindari melaksanakan translate dari file pdf, alasannya pada pdf teks antar baris terputus (teks dalam 1 kalimat terputus) menyebabkan hasil translate tidak maksimal.



Cara memakai google translate, yang terang Anda harus mempunyai koneksi internet. Buka alamat http://translate.google.co.id/. Fasilitas yang sanggup dipakai untuk melaksanakan translate pada google translate ada 3, yaitu:
  1. Menggunakan kotak penerjemah untuk jumlah teks yang sedikit. (No 1 Pada Gambar)
  2. Menggunakan kemudahan terjemahkan dokumen untuk menerjemahkan dokumen/file doc, pdf, dll.  (No 2 Pada Gambar).
  3. Menggunakan Translator Toolkit (perangkat penerjemah) untuk menerjemahkan dokumen disertai pengeditan kata. (No 3 Pada Gambar).

Akan tetapi, untuk melaksanakan penerjemahan saya menyarankan untuk memakai 2 cara saja, eksklusif copy-paste ke kotak penterjemah jikalau teks sedikit, atau memakai translator toolkit. Cara tersebut berdasarkan saya tidak mengecewakan anggun dibandingkan cara no 2, alasannya kita sanggup menyesuaikan atau mengedit kata yang kurang tepat. Selanjutnya akan dibahas langkah-langkahnya.

Menggunakan kotak Penterjemah:
  • Copy-paste / ketikkan paragraf yang akan diterjemahkan pada kotak penterjemah.
  • Pilih dari teks Inggris ke Indonesia jikalau ingin melaksanakan translate Inggris-Indonesia.
  • Klik Terjemahkan. (Biasanya apabila terdapat sedikit paragraf, eksklusif otomatis diterjemahkan tanpa harus klik Terjemahkan).
Menggunakan Translator Toolkit (Perangkat Penerjemah) :
Syarat untuk memakai translator toolkit yakni Anda harus mempunyai Google Account. Saya lebih menyarankan memakai kemudahan ini untuk teks dalam jumlah banyak halaman. Fasilitas ini memudahkan Anda sanggup melaksanakan edit goresan pena untuk hasil terjemahan yang kurang tepat. Langkah-Langkahnya adalah:

  • Login ke Google Account Anda terlebih dahulu, jikalau belum punya silahkan daftar.
  • Buka alamat google translate. 
  • Klik pada translator toolkit / Perangkat penerjemah (Lihat Gambar No 3).


  • Klik Unggah. 


  • Klik Browse untuk pilih dokumen yang akan diterjemahkan. Dokumen yang sanggup diunggah antara lain: .doc, .docx, .html, .odt, .xml, .txt, .rtf, .srt, .sub, .aea, .strings, .arb, .json, .po, .properties.
  • Pilih, dokumen, klik Open.
  •  Pilih terjemahkan dari: Inggris, Terjemahkan ke: Bahasa Indonesia, apabila ingin translate Inggris-Indonesia.
  • Klik Unggah untuk Terjemahan. Hasilnya sanggup dilihat pada gambar berikut.



  • Lakukan editing dalam box untuk teks yang terjemahannya kurang tepat. Editing sanggup dilakukan per kalimat.



  • Klik Simpan apabila ingin menyimpan hasil terjemahan.
  • Untuk mengunduh file terjemahan klik File, Unduh...
  • Pada Translator  Toolkit, Anda juga sanggup mengundang orang lain untuk membantu melaksanakan editing terjemahan. Caranya yaitu: Klik File, Undang Orang..., lihat gambar berikut.

    Isi email orang yang dituju pada kotak Undang, Isi Subyek dan Pesan, Tandai kirim salinan ke saya, pilih jalan masuk teman (dapat mengedit, sanggup memberi komentar, atau sanggup membaca). Klik Kirim Undangan.
Demikian tips dan langkah-langkah melaksanakan translate memakai google translate. Semoga Bermanfaat... Silahkan tinggalkan komentar, pertanyaan, saran dan kritik yang membagun.
 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menterjemahkan Bahasa Inggris-Indonesia Memakai Google Translate"

Posting Komentar