Istilah-Istilah Dalam Interkoneksi Jaringan (Internetworking)

Pada artikel ini dibahas mengenai interkoneksi jaringan (internetworking). Internetworking merupakan banyak sekali jaringan yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya. Misalnya, dalam sebuah organisasi sanggup mempunyai lebih dari satu jenis LAN dalam suatu situs untuk memenuhi banyak sekali kebutuhan. Sebuah organisasi sanggup mempunyai banyak LAN sama dalam satu situs untuk mendukung kebutuhan kinerja. Selain itu, sebuah organisasi sanggup mempunyai LAN di banyak sekali situs dan harus menghubungkan mereka (interkoneksi) melalui WAN untuk kendali sentra pertukaran informasi.



Berikut ini merupakan beberapa istilah yang berafiliasi dengan internetworking:

Jaringan Komunikasi
Fasilitas yang menyediakan layanan perpindahan data antar perangkat yang terhubung ke jaringan.

Internet
Sekumpulan jaringan yang terinterkoneksi melalui bridge dan/atau router.

Intranet
Sebuah internet yang dipakai oleh organisasi tunggal yang menyediakan aplikasi-aplikasi Internet utama, terutama World Wide Web.

End System (ES)
Sebuah perangkat yang terhubung ke salah satu jaringan internet yang dipakai untuk mendukung aplikasi-aplikasi atau layanan-layanan pengguna akhir.

Intermediate System (IS)
Sebuah perangkat yang dipakai untuk menghubungkan dua jaringan dan memungkinkan komunikasi antar sistem-sistem final yang terhubung ke jaringan-jaringan berbeda.

Bridge
Sebuah IS yang dipakai untuk menghubungkan dua LAN yang memakai protokol LAN serupa. Bridge bekerja sebagai saringan alamat, mengambil paket-paket dari satu LAN yang ditujukan untuk tujuan pada LAN lain dan meneruskan paket-paket itu. Bridge tidak mengubah isi paket-paket itu dan tidak menambahkan apa pun ke dalam paket. Bridge bekerja pada lapisan 2 model OSI.

Router
Sebuah IS yang dipakai untuk menghubungkan dua jaringan yang mungkin serupa atau tidak. Router memakai protokol internet yang ada dalam tiap router dan tiap sistem final pada jaringan, Routing bekerja pada lapisan 3 Model OSI.

Sumber:
Stallings, William. 2005. Wireless Communications & Networks. New Jersey: Pearson Education, Inc.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Interkoneksi Jaringan (Internetworking)"

Posting Komentar