Mengapa Kita Pusing Seolah Melihat Bintang?


Setiap orang ketika sedang pusing, migrain, atau sesudah bersin, bila memejamkan mata seolah melihat cahaya berkedip-kedip ibarat bintang. Mengapa hal itu terjadi?

Hal ini disebabkan oleh stimulasi kepingan belakang mata, atau saraf optik, yang mengirim kilatan cahaya ke otak. Di dalam bola mata terdapat gel tebal, yang berfungsi membuat bentuk bola mata menjadi bulat. Gel ini bila bergesekan dengan retina akan merangsang dan membuat gambar dalam otak.

 
huffingtonpost.com


Ketika otak menerima pesan dari retina, akan ditafsirkan sebagai cahaya. Jadi, ada atau tidak cahaya yang masuk ke mata, tetap diterjemahkan sebagai cahaya. Percobaan paling mudah, cobalah memejamkan mata kemudian menekan kelopal mata kau dengan tangan. Dalam gelapnya pandangan, niscaya seolah melihat pendaran-pendaran cahaya ibarat jutaan bintang di langit.

Pada ketika seseorang bersin, hal ini akan menekan bola mata itu sendiri, atau dari stimulasi saraf yang berafiliasi dengan penglihatan. Setiap seseorang bersin, sanggup menyemburkan udara, air, dan mikroba ke udara sampai 100 mil per jam. Kondisi ini membuat retina bergesekan berpengaruh dengan bola mata dan menjadikan visi cahaya.

 


Demikian juga bila kita terlalu usang jongkok, atau berdiri tiba-tiba ketika tidur sanggup mengakibatkan tekanan darah drop, dan otak kekurangan oksigen. Perubahan kondisi ini mensugesti mata dan saraf optik.

Ada juga kondisi yang disebut floaters, yaitu gangguan pada gel di bola mata. Floaters hanya terjadi lantaran penyakit tertentu, serta dipengaruhi oleh bertambahnya usia seseorang. Migrain serta gangguan penyakit kepala lainnya memungkinkan terjadi floaters. Akibatnya, semakin gampang mengalami visi cahaya lantaran penyakit yang diderita. Orang-orang yang berumur lanjut gel pada bola matanya semakin cair, ini juga jadi penyebab floaters. Tak heran, semakin renta kita akan semakin cepat mengalami duduk perkara pada penglihatan.


apakabardunia.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kita Pusing Seolah Melihat Bintang?"

Posting Komentar