Jampersal : Ibu Selamat, Bayi Sehat

 merupakan jaminan pembiayaan investigasi kehamilan JAMPERSAL : ibu selamat, bayi sehat
Imunisasi - RS Jogja
JAMPERSAL : ibu selamat, bayi sehat - Jampersal (Jaminan Persalinan) merupakan jaminan pembiayaan investigasi kehamilan, derma persalinan, investigasi nifas, termasuk pelayanan KB sehabis persalinan dan investigasi bayi gres lahir yang biayanya dijamin oleh pemerintah. Terobosan yang dilakukan oleh pemerintah ini bertujuan untuk untuk menurunkan angka janjkematian ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) sesuai dengan sasaran MDG's tahun 2015 yang harus dicapai. Hal ini sangat penting mengingat masih banyaknya ibu hamil yang belum mempunyai jaminan pembiayaan persalinan dan juga hambatan dalam saluran layanan persalinan oleh tenaga kesehatan di kemudahan kesehatan.

Sasaran penggunaan Jampersal yaitu ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas yang belum mempunyai jaminan pembiayaan persalinan (setelah melahirkan hingga 42 hari) serta bayi gres lahir (0 - 28 hari). Jumlah ibu hamil diperkirakan mencapai 60% dari estimasi proyeksi jumlah persalinan atau sekitar 2,6 juta jiwa dari total estimasi kelahiran per tahun yang sebesar 4,8 juta jiwa. Jumlah itu menurut estimasi kelahiran yakni 1,05 angka kelahiran bernafsu dikalikan jumlah penduduk.

Untuk mendapat pelayanan jampersal, cukup dengan menunjukkan kartu identitas diri. Jampersal dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimana saja pelayanan jampersal sanggup didapatkan ? Layanan ini tersedia di kemudahan kesehatan pemerintah menyerupai Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Poskesdes, dan Rumah Sakit Rujukan Kelas III milik Pemerintah. Jampersal juga sanggup dilayani di Rumah Sakit Swasta yang mempunyai perjanjian kolaborasi dengan pemerintah termasuk di bidan kawan dinas kesehatan. Harapan kita dari jaminan persalinan ini yaitu "ibu selamat bayi lahir sehat" semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jampersal : Ibu Selamat, Bayi Sehat"

Posting Komentar