Istilah-Istilah Penting Pada Monitor

Dalam perkembangannya, komputer menyertakan banyak sekali istilah yang perlu untuk diketahui oleh pengguna. Hal ini sanggup berkhasiat dikala user ingin membeli hardware dengan ketentuan spek-spek tertentu. Sehingga pengguna tidak akan salah dalam membeli hardware. Berikut ini merupakan istilah-istilah penting yang berafiliasi dengan hardware monitor.

  1. Ukuran Layar
  2. Adalah panjang diagonal layar, diukur dalam satuan inci degan ukuran yang bervariasi.

  3. Contrast Ratio
  4. Ukuran perbedaan tingkat kecemerlangan di antara yang putih, yang paling terang, dan yang paling gelap. Merupakan perbedaan antara tempat gelap dan tempat terperinci yang ada di layar. Biasanya, berkisar antara 200:1 hingga 500:1. Pada umumnya, semakin tinggi contrast ratio yang dimiliki oleh monitor LCD, semakin baik kualitas gambar yang ditampilkan. Besar contrast ratio yang dianjurkan sekitar 300 hingga dengan 500.

  5. Viewable angle
  6. Merupakan sudut pandang terhadap monitor, yang memakai satuan derajat. Dengan kata lain, hal tersebut merupkan batasan sudut pandang maksimal yang dimiliki oleh monitor.

  7. Response Time
  8. Merupakan ukuran banyaknya frame yang sanggup ditampilkan oleh monitor dalam satuan detik. Pada monitor LCD, hal ini akan menunjukkan bagaimana dengan cepat liquid cristal sanggup berbelit, kemudian tidak berbelit untuk tidak melewati atau menghalangi lampu setiap pixel.

  9. Pixel
  10. Picture element atau elemen terkecil gambaran digital yang sanggup dilihat mata. Sensor gambaran secara fisik (dua dimensi) dibentuk dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Setiap sel disebut pixel. Pada monitor atau display komputer, pixel alah titik-titik cahaya yang membentuk objek di layar komputer. Semakin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, semakin besar resolusi spasial gambaran tersebut.

  11. Dot Pitch
  12. Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Dot pitch merupakan kerapatan pixel atau picture element. Umumnya, jikalau jaraknya semakin dekat, gambarnya semakin tajam. Dengan kata lain semakin rapat pixel, semakin halus dan tajam tampilan yang dihasilkan oleh monitor. Kaprikornus semakin rendah dot pitch, semakin anggun kualitasnya.Sebaiknya, pilih monitor yang mempunyai nilai dot pitch kurang dari 0,28 mm.

  13. Resolusi
  14. Resolusi yaitu banyaknya pixel yang terdapat dalam gambar. Semakin besar resolusinya, gambar yang akan ditampilkan semakin detail. Contoh, monitor dengan resolusi 1.280 x 1.024 pixel berarti bahwa terdapat 1.024 garis yang dibentuk dari atas ke bawah dan setiap garis tersebut terdiri atas 1.280 pixel yang terpisah.

  15. Refresh Rate
  16. Refresh rate yaitu berapa kali pistol elekron menembakkan elektron ke layar. Refresh rate diukur dalam satuan Hertz (Hz). Sebaiknya, monitor yang mempunyai refresh rate sebesar 72Hz atau lebih tinggi. Refresh rate yang rendah sanggup menimbulkan kelelahan mata.

  17. Pixel Response Rate
  18. Pixel response rate yaitu banyaknya waktu yang dibutukan sebuah pixel untuk aktif atau tidak. Pada umumnya, pixel response rate diukur dalam satuan ms (millisecond). Semakin kecil rata-rata waktunya, semakin baik pula kualitas gambar yang ditampilkan LCD.

  19. Dead Pixel
  20. Pixel yang terdapat di suatu tempat di layar tidak berubah warnanya dikala suatu gambar ditampilkan berbeda-beda warnanya. Dead pixel merupakan salah satu problem yang sering terjadi pada monitor LCD. Ciri-ciri LCD mengalami dead pixel yaitu dengan memperhatikan setiap penggalan layar dengan tampilan layar warna putih polos dan warna hitam. Pastikan tidak ada warna yang tertinggal atau warna yang ditampilkan oleh layar sesuai.

  21. Luminance
  22. Istilah ini menunjukkan tingkat kecerahan (brightness) yang dimiliki monitor LCD. Luminance diukur dalam satuan candela atau sanggup disebut dengan nits. Semakin besar nits yang dimiliki monitor LCD, semakin anggun dan yummy suatu gambar dilihat. Kisaran nits yang dimiliki monitor LCD biasa yaitu 170 nits dan pada monitor LCD kelas atas berkisar hingga 300 nits.


Sumber: M., Hasyim. 2008. Buku Pintar Komputer.Jakarta: Kriya Pustaka



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Penting Pada Monitor"

Posting Komentar