Cara Mengatasi Virus Shortcut

Pernahkan komputer Anda terkena virus berjenis shorcut? Virus jenis ini mengubah semua folder menjadi bentuk shortcut. Sedangkan folder yang orisinil disembunyikan. Misalnya sanggup anda lihat pada gambar di samping. Apabila komputer Anda terseran virus jenis ini tidak usah khawatir.

Virus shortcut merupakan virus yang tergolong sering menyerang PC. Virus ini banyak tersebar melalui mediator flashdisk. Virus ini menyamar sebagai shortcut dari folder. Flashdisk yang terinfeksi virus ini ditandai dengan berubahnya folder menjadi shortcut, sedangkan folder yang orisinil disembunyikan. Virus ini akan menyebar ketika virus (dalam bentuk shortcut folder) dibuka. Kaprikornus berhati-hatilah jika pada flashdisk anda terinfeksi  jenis virus ini. Bila menyebar ke PC virus ini menyerang System dari PC kita.

Saat ini virus shortcut sudah sanggup di atasi dengan banyak sekali antivirus. Antivirus lokal ibarat SMADAV juga sudah sanggup mendeteksi dan menghapus virus ini. Akan tetapi, jika pada PC kita tidak ter-install antivirus sama sekali, virus tersebut juga sanggup dihilangkan tanpa proteksi antivirus, yaitu dengan menghapus melalui command prompt.

Berikut ini langkah-langkah menghilangkan virus shortcut pada flashdisk melalui command prompt:
  1. Masukkan flashdisk ke PC, jangan buka flashdisk terlebih dahulu. 
  2. Buka jendela RUN. Klik Start, Run
  3. Ketikkan cmd, tekan Enter
  4. Ketikkan lokasi flashdisk pada PC. Misal lokasi flashdisk yaitu pada drive H. Maka ketikkan H: kemudian tekan Enter
  5.  Setelah masuk pada drive H, langkah selanjutnya yaitu menghapus semua virus shortcut pada flashdisk (drive H) dengan cara ketikkan erase *.lnk kemudian tekan Enter.
    *.lnk menawarkan semua file yang berupa shortcut.
    Erase merupakan perintah untuk menghapus .
    Jadi erase *.lnk yaitu perintah untuk menghapus semua file yang berbentuk shortcut. 
  6. Coba buka flashdisk anda, semua virus shortcut sudah terhapus. Akan tetapi folder anda masih hilang. Sebenarnya folder tersebut tidak hilang, akan tetapi folder tersebut tidak nampak (hidden) alasannya yaitu disembunyikan oleh virus. Untuk menampilkan kembali folder anda ketikkan perintah berikut pada command prompt: attrib –s –h *.*/s /d, tekan Enter. Tunggu sampai semua folder dan file yang tersembunyi ditampilkan. 


  7. Ketikkan exit atau klik close pada jendela command prompt untuk keluar dari command prompt. Virus Shortcut pada flashdisk anda sudah terhapus
Demikianlah langkah-langkah untuk menghapus virus shortcut melalui command prompt. Selamat mencoba, Semoga Berhasil Kawan... Kunjungi artikel Meminimalkan Penyebaran Virus ke Komputer untuk mencegah atau meminimalkan penyebaran virus ke komputer.







  • Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Cara Mengatasi Virus Shortcut"

    Posting Komentar