Seputar Kondom



SEPUTAR KONDOM - Kondom merupakan alat penghambat atau dinding pencegah terjadinya pertukaran cairan yang berasal dari dalam tubuh. Kondom yakni alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin pada ketika bersenggama. Jika anda suka berganti-ganti pasangan atau terlibat hunungan seks dengan lebih dari satu pasangan, kondom yakni alat sumbangan yang baik. Dengan penggunaan kondom berarti 10000 kali lebih terlindung daripada tidak menggunakannya. Pastikan bahwa kondom tersebut berkualitas baik, berstandar mutu internasional dan perhatikan pula tanggal kadaluwarsa kondom ketika hendak menggunakannya.

Apa yang perlu diperhatikan ihwal penggunaan kondom ? Jangan memakai kondom jikalau kemasan rusak, warnanya pudar, kering atau lengket dan jikalau anda mewaspadai kualitasnya. Jangan menyimpan kondom di dalam dompet atau saku belakang celana anda, alasannya kondom sanggup rusak. Jaga kondom biar tidak terkena sinar matahari langsung, simpanlah di kawasan yang sejuk dan kering. Dan yang terpenting, jangan memakai pelumas berbahan dasar minyak ibarat body lotion, vaseline atau baby oil alasannya sanggup mengakibatkan kondom rusak atau robek. Pakailah pelumas yang berbahan dasar air.



Bagaimana memakai kondom yang benar ?
  • Tempatkan gulungan kondom di kepala penis yang sudah tegang sebelum bersentuhan dengan vagina;
  • Sambil menekan ujung kondom untuk mengeluarkan udara, dorong ke bawah menyarungi seluruh penis;
  • Setelah air mani keluar, tarik penis yang masih tegang sambil menahan pangkal kondom biar cairan sperma tidak tumpah;
  • Lepaskan kondom dari penis dan buang di kawasan yang aman, contohnya kotak sampah. Jangan dibuang ke jamban.


Penggunaan kondom yang baik dan benar akan terhindar dari Human Immunodeficiency Virus (HIV) penyebab AIDS yang termasuk jenis Infeksi Menular Seks (IMS). Mengapa demikian, alasannya HIV terutama ditularkan melalui kekerabatan seks dan orang yang mengidap IMS mempunyai resiko yang lebih besar untuk terinfeksi HIV alasannya luka yang terbuka memberi kanal bagi HIV. Sampai kini belum ada obat yang sanggup menyembuhkan penyakit ini sehingga biar terhindar dari HIV/AIDS maupun IMS, kita harus tahu bagaimana cara penularan dan pencegahannya.

Sumber : Info Seputar AIDS, HIV dan IMS yang dipersembahkan oleh United States Agency International Development, Aksi Stop AIDS, Bakti Husada dan Family Health International

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Kondom"

Posting Komentar