Penggunaan Obat Yang Benar Dan Tepat





PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR DAN TEPAT - Keberhasilan terapi yang dijalani sangat dipengaruhi oleh penggunaan obat yang baik dan benar. Tak jarang banyak orang yang mengeluh sakit yang tak kunjung sembuh. Padahal sudah berulang kali periksa ke sarana pelayanan kesehatan. Ada pula sakit yang membutuhkan penyembuhan yang lama. Ada kemungkinan penyebabnya sebab penggunaan obat yang kurang tepat.

Agar obat yang diperoleh benar, sebaiknya dikala berkunjung ke dokter kemukakan mengenai tanda-tanda yang dirasakan dan usang tanda-tanda yang dirasakan. Kemukakanlah dengan terang dan benar biar dokter benar dalam anamnesisnya sehingga obat yang diberikan juga benar. Apabila ada obat yang telah dikonsumsi juga harus diberitahukan. Yang perlu diperhatikan pula apakah ada pengobatan lain yang sedang dijalani ibarat hipertensi atau diabetes sehingga dokter perlu menerima perhatian khusus dan terapi yang diberikan. Untuk keadaan khusus ibarat hamil dan menyusui, sebelum mengkonsumsi obat konsultasikan dengan dokter wacana obat apa yang kondusif untuk dikonsumsi. Beritahukan pula diet yang sedang dijalani ibarat diet gula dan karbohidrat. Untuk yang terakhir yang dilarang terlupakan dikala periksa ke dokter yaitu apakah ada riwayat alergi terhadap obat atau zat kimia tertentu. Uraian tersebut diatas harus diungkapkan semuanya biar dokter sanggup menawarkan terapi pengobatan yang benar dan tepat.

Setelah kita menerima obat dari dokter, perhatikan secara seksama penggunaan obat secara benar dan tepat. Hal tersebut sangat kuat terhadap keberhasilan terapi pengobatan yang dijalani. Untuk obat oral atau yang harus ditelan/ masuk lewat lisan patuhi hukum dan cara minumnya, contohnya dihisap dibawah pengecap atau eksklusif ditelan, sedih kali sehari, sebelum atau sehabis makan. Untuk obat luar atau yang dipakai dengan cara dioleskan atau diteteskan contohnya salep, tetes mata, tetes hidung, tetes pendengaran patuhi pula petunjuk penggunaannya. Demikian pula dengan obat khusus yang dimasukkan dalam anus atau vagina. Baca petunjuk penggunaannya secara lengkap dan minta kepada petugas apotek untuk menjelaskan secara benar. Sebelum dan sehabis memakai obat sebaiknya basuh tangan. Setelah selesai buang pembungkus obat di kawasan sampah. Apabila Obat sudah kadaluarsa sebelum dibuang sebaiknya dihancurkan atau dimusnahkan terlebih dahulu.


Selain penggunaan obat yang benar, cara penyimpanan obat yang baik harus dilakukan untuk mencegah kerusakan pada obat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan obat yaitu simpan obat di kawasan khusus / kawasan obat yang terbagi menjadi obat yang diminum dan obat luar, terpisah dari makanan. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Hindari obat dari sinar matahari dan keadaan lembab. Jangan disimpan di kulkas kecuali sesuai petunjuk.

Kesimpulan dari uraian di atas yaitu :
Penggunaan obat yang benar dan sempurna sangat kuat terhadap keberhasilan terapi yang dijalani dan untuk mencegah kerusakan pada obat maka simpanlah dengan baik dan benar

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Obat Yang Benar Dan Tepat"

Posting Komentar