Penyebaran Virus Hiv Aids

- Dewasa ini perkembangan penyebaran virus HIV AIDS luar biasa cepat, tidak hanya menyerang orang pandai balig cukup akal dan golongan tertentu, namun sanggup juga terjadi pada siapa saja tanpa melihat jenis kelamin atau golongan. Tercatat perkembangan virus ini juga terjadi melalui pemakaian jarum suntik narkoba atau obat terlarang lainnya menjadi urutan teratas. Selain itu melalui korelasi seksual tanpa pelindung/kondom dan transfusi darah yang terkontaminasi virus HIV AIDS menjadi media penyebaran virus ini.


Pernahkah kita membayangkan diri kita terinfeksi HIV alasannya keteledoran kita memakai pisau cukur secara bersama tanpa disterilkan, atau memakai alat suntik bersama-sama? Karena itu sadarilah status HIV sebelum segalanya terlambat. Bagaimana cara semoga kita tahu status HIV kita? Adalah dengan melaksanakan tes HIV. Saat ini kegiatan tes HIV biasa dikenal dengan VCT (Voluntary Counselling and Testing) atau Konseling dan Tes Sukarela. Hal ini merupakan proses pemberian dimana seseorang dengan ikhlas dan bertujuan terang memperlihatkan waktu, perhatian dan keahliannya untuk membantu klien mempelajari keadaan dirinya, mengenali dan melaksanakan pemecahan terhadap keterbatasan yang diberikan lingkungan. Konseling ini bersifat sukarela dan rahasia, yang dilakukan sebelum dan sehabis tes darah HIV. Konseling ini dilakukan oleh konselor terlatih yang berprofesi sebagai perawat, pekerja sosial, dokter, psoikolog, psikiater ataupun profesi lain.


Jika anda berminat untuk melaksanakan VCT sanggup dilakukan di rumah sakit setempat atau beberapa kawasan yang telah dirujuk. Untuk domisili Yogyakarta anda sanggup melaksanakan pelayanan tes HIV di :
  1. RS Dr. Sardjito - Kompleks RS. Dr. Sardjito, Telp. (0274) 587333 Pesawat 494;
  2. RS. Panti Rapih - Jl. Cik Di Tiro No. 30 Yogyakarta, Telp. (0274) 514845 Pesawat 404;
  3. RS. Bethesda - Jl. Jendral Sudirman No. 70 Yogyakarta, Telp. (0274) 586688 Pesawat 1234;
  4. RS. PKU Muhammadiyah - Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta, Telp. (0274) 512653 Pesawat 180;
  5. PKBI DIY - Jl. Tentara Rakyat Mataram Gg. Kapas Badran, Telp. (027 586767.

Konselor akan membantu kita memahami arti hasil tes (baik kasatmata maupun negatif) dan mengajak kita menciptakan langkah-langkah selanjutnya dalam hidup kita sehari-hari. Jangan biarkan kebahagiaan terenggut, sadari semenjak dini.

Sumber : Leaflet Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi D.I. Yogyakarta





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebaran Virus Hiv Aids"

Posting Komentar