Kusta

Kusta  ialah penyakit bisul menular bersifat menahun KUSTAApakah penyakit kusta itu?
Kusta ialah penyakit bisul menular bersifat menahun, yang disebabkan oleh kuman kusta (M. Leprae / Bakteri Tahan Asam). Penyakit ini menyerang kulit, saraf tepi, sanggup pula menyerang jaringan badan lainnya kecuali otak. Penyakit ini bukan merupakan penyakit keturunan.


Apakah tanda-tanda penyakit Kusta?
Kelainan kulit berupa bercak putih menyerupai panu ataupun bercak kemerahan yang disertai kurang rasa / hilang rasa. tidak gatal dan tidak sakit. Bila tidak mendapat pengobatan yang sempurna penyakit ini sanggup menjadikan kecacatan.


Bagaimanakah penularan penyakit Kusta?
Penularan terjadi dari penderita kusta berair yang tidak diobati ke orang lain melaui pernafasan / kontak kulit yang lama. Tidak semua orang sanggup tertular penyakit kusta, kurang lebih 5% yang sanggup tertular. Orang yang sudah tertular kusta pun sebagian besar sanggup sembuh sendiri lantaran daya tahan badan yang baik. Penyakit ini tidak menular lewat masakan atau alat makan.


Bagaimana memastikan bahwa seseorang menderita Kusta?
Jika ada bercak putih menyerupai panu atau kemerahan dan hasil tes rasa raba dengan memakai ujung kapas yang sudah dilancipkan tidak ada rasa raba, maka seseorang sanggup dinyatakan menderita penyakit kusta.


Tipe penyakit Kusta :
  • Tipe Pansi Basiler (Kusta Kering), jumlah bercak kulit yang mati rasa 1-5, ada 1 kerusakan saraf tepi dan pada investigasi labolatorium tidak ditemukan kuman kusta (bakteri tahan asam negatif).
  • Tipe Multi Basiler (Kusta Basah), jumlah bercak kulit yang mati rasa lebih dari 5, kerusakan saraf tepi lebih dari 1 dan pada investigasi labolatorium ditemukan kusta (bakteri tahan asam positif)


Apakah Cacat Kusta itu?
Cacat kusta ialah cacat akhir kuman kusta yang menyerang saraf penderita. Cacat sanggup terjadi juga akhir lika di tangan dan atau di kaki penderita yang mati rasa. Cacat kusta terjadi akhir penderita terlambat ditemukan sehingga terlambat diobati.


"Indonesia Bebas Kusta, Tanggung Jawab Kita Bersama"


Cegah cacat kusta dengan segeralah berobat ke sarana pelayanan kesehatan kalau ditemukan kelainan kulit berupa bercak menyerupai panu/ kemerahan yang mati rasa.


Sumber : Informasi " Sardjito Skin Care " RSUP DR. SARDJITO Yogyakarta






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kusta"

Posting Komentar