Ablasi Retina

Ablasi retina yaitu terlepasnya syaraf mata dari lapisan di bawahnya, dengan adanya cairan yang tertimbun di antaranya.

Ablasi retina yaitu terlepasnya syaraf mata dari lapisan di bawahnya ABLASI RETINA
Ablasi Retina terjadi sebab adanya robekan retina, adanya tarikan terhadap retina atau pengeluaran cairan dari lapisan retina. Sebagian besar ablasi retina terjadi sebab adanya robekan retina.

PENYEBAB
Pada umumnya penyebabnya majemuk antara lain miop tinggi, trauma, bisul atau penyakit bawaan. Hal ini mengakibatkan mata rantai estafet antara sel-sel syaraf yang berperan pada proses penglihatan terputus serta beberapa sel kehilangan pertolongan makanan.

GEJALA
gejala awal yang dirasakan penderita yaitu timbulnya kesan pada penglihatan adanya benda hitam berterbangan diikuti oleh timbulnya kilatan cahaya. Retina yang terlepas memperlihatkan tanda-tanda hilangnya sebagian atau seluruh lapangan penglihatan bagaikan tertutup tirai.

PENANGANAN
Ablasi retina sebab robekan retina ditangani secara operatif untuk menempelkan retina yang terlepas dari menutup retina yang robek. Keberhasilan penanganan dipengaruhi oleh lamanya ablasi, luasnya ablasi, ada /tidaknya komplikasi. Besarnya kemajuan ketajaman penglihatan pasca operasi ditentukan oleh kondisi retina. Apakah retina masih peka terhadap cahaya atau tidak? Sebelum operasi dilaksanakan penderita dianjurkan untuk tirah baring untuk mengurangi dan membatasi ablasi.

Sumber : Penyuluhan Kesehatan Masyarakat RS Mata DR. YAP Yogyakarta


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ablasi Retina"

Posting Komentar